SOLOPOS.COM - OLAH TKP - Tim Laboratorium Forensik cabang Semarang dan Polresta Solo melakukan olah TKP di toko mainan Sumber Jaya di Jl KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo, Kamis (23/2). Toko mainan tersebut terbakar pada Selasa (21/2) lalu. (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

OLAH TKP - Tim Laboratorium Forensik cabang Semarang dan Polresta Solo melakukan olah TKP di toko mainan Sumber Jaya di Jl KH Ahmad Dahlan, Keprabon, Solo, Kamis (23/2). Toko mainan tersebut terbakar pada Selasa (21/2) lalu. (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO--Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Semarang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi empat ruko mainan anak-anak di Jl KH Ahmad Dahlan No 60, Keprabon, Banjarsari, Solo, Kamis (23/2/2012).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dari lokasi tersebut, tim mengambil sejumlah barang sisa kebakaran yang dijadikan barang bukti, antara lain travo bekas terbakar, kawat tembaga, tembaga instalasi elektrik, kabel interkom, stop kontak dan abu sisa kebakaran. “Kami melakukan pengecekan secara kesuluruhan di lokasi kejadian. Barang yang kami ambil akan dicek di laboratorium,” papar Kepala Sub Bidang Fiskomfor (Fisika Komputer Forensik) Cabang Semarang, AKBP Rini Pujiastuti, saat ditemui wartawan, di lokasi kejadian, Kamis.

Pelaksanaan olah TKP disaksikan oleh pengelola ruko Sumber Jaya Toys, Andre. Mereka kemudian masuk ke ruko dengan mengecek titik kebakaran yang berpusat di gedung lantai III blok D. Andre juga merupakan salah satu saksi yang saat itu mengetahui terjadinya kebakaran di ruko di blok D, Selasa (21/2) siang. Barang yang diambil kebanyakan dari lantai III yang masih menempel di tembok. “Ada beberapa helai kabel dan komponen alat listrik yang berserakan di lantai III. Semua barang itu sudah kami amankan,” tutur Rini.

Dari hasil olah TKP, dugaan sementara menguat pada hubungan arus pendek atau korsleting kabel listrik. “Itu memang belum pasti. Kesimpulannya menunggu hasil dari laboratorium saja,” tegas Rini.

Sekitar empat petugas dari tim Labfor Cabang Semarang dibantu oleh tim dari Polresta Solo melakukan olah TKP selama satu jam. Pelaksanaan olah TKP berlangsung dari pukul 09.41 WIB hingga pukul 10.41 WIB. Mereka mengecek keseluruhan barang yang berada di ruko blok C, D, E dan F. Empat blok ruko merupakan tempat yang terbakar.

Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Edy Suranta Sitepu, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Asjima’in, mengatakan akan menindak secara hukum apabila dari hasil olah TKP terdapat tindak kesengajaan dalam peristiwa kebakaran tersebut. “Secara intensif kami juga telah meminta sejumlah saksi yang mengetahui kejadian. Kerugian akibat kebakaran ini juga belum bisa dipastikan. Kemungkinan mencapai miliaran,” papar Edy.

Seperti diberitakan, pihak kepolisian terus menyelidiki penyebab dugaan

kebakaran hebat yang melalap empat rumah toko (ruko) mainan anak-anak, Sumber Jaya Toys, di Jl KH Ahmad Dahlan No 60, Keprabon, Banjarsari, Solo, Selasa (21/2). Jika ditemukan unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran tersebut, maka pihak kepolisian akan memroses secara hukum.

(JIBI/SOLOPOS/Muhammad Khamdi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya