SOLOPOS.COM - Kebakaran Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan atau lazim disingkat Badan POM di Jakarta, Minggu (18/7/2021). (Twitter-Pemadam DKI Jakarta)

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu bangunan di kawasan Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan atau lazim disingkat Badan POM atau BPOM di Jakarta Pusat dilanda kebakaran. Belasan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan demi memadamkan api kebakaran BPOM di Jakarta itu.

“Objek Kantor BPOM [BUP]. Jenis bangunan tinggi [BT],” kata Humas Dinas Gulkarmat, Mulat Wijayanto dalam keterangannya kepada Detik.com, Minggu (18/7/2021).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Laporan kebakaran di Kantor BPOM di Jakarta itu diterima pukul 21.30 WIB. Titik api beralamat di Jl. Percetakan Negara Raya No. 29, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Ratusan Tenaga Kesehatan Australia Diisolasi, RS Sydney Kritis

Mulat mengatakan saat ini kondisi kebakaran masih merah. Sebanyak tujuh unit pemadam kebakaran dan 35 personel damkar dikerahkan. Sementara itu, anggota Damkar Johar Baru mengatakan belum diketahui pasti gedung apa yang terbakar di kawasan Kantor BPOM itu.

“Posisinya ada di dalam kawasan Kantor BPOM, itu ada beberapa bangunan pokoknya yang di tengah, di sini belum bisa monitor,” kata Anggota Damkar Johar Baru, Sofyan Lubis.

Berhasil Dipadamkan

Dugaan sementara yang dipublikasikan Detik.com, penyebab kebakaran akibat korsleting listrik. “Dugaan penyebab korsleting listrik,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal, dalam keterangannya, Minggu (18/7/2021).

Melewati tengah malam ia mengklaim kepada Detik.com bahwa kebakaran itu sudah berhasil dipadamkan. Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, termasuk 75 personel yang berjibaku memadamkan api.

Baca Juga: Waspada Anosmia Covid-19, Ini 7 Bahan Alami Mengatasinya…

Mulanya, sekitar pukul 21.31 WIB, petugas pemadam kebakaran sektor Johar Baru, Jakarta Pusat menerima laporan adanya kebakaran di Kantor BPOM yang beralamat di Jl. Percetakan Negara, Johar Baru, Johar Baru, Jakarta Pusat. Damkar Johar Baru awal mula mengerahkan empat unit mobil pemadam kebakaran.

Petugas tiba di lokasi pukul 21.35 WIB. Padahal pada pukul 22.17 WIB, situasi kebakaran mulai kuning. Saat itulah 17 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Begitu  17 unit pemadam kebakaran dikerahkan, maka api pun sudah dapat dikuasai. “Dilanjut proses penguraian asap,” ujar Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya