SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Kebakaran Hutan (JIBI/Harian Jogja/Reuters )

Kebakaran hutan diinvestigasi oleh Kemenhut dan LH bekerja sama dengan BIN.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (Kemenhut LH) menyatakan telah melakukan koordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) untuk mencari pelaku utama dari masalah kebakaran hutan saat ini.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

“Kita juga kemarin sudah berkoordinasi dengan BIN untuk melakukan investigasi di sana. Tapi, sebenarnya di daerah juga harus ada sama seperti BIN,” ujar Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Raffles Brotestes Panjaitan dalam diskusi bertajuk Asap dan Sengsara di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (19/9/2015).

Dalam diskusi itu terungkap penegakan hukum terkait pembakaran hutan di Indonesia masih lemah. Polisi masih dianggap tebang pilih dalam menangkap pelaku pembakaran hutan karena berkaitan dengan perusahaan.

Selain itu, saat pelaku sudah berhasil ditangkap, pengadilan dirasa mampu tidak memberikan hukuman maksimal yang menimbulkan efek jera.

“Ini karena perilaku manusia, karena di Indonesia tidak mungkin ada kebakaran kalau tidak ada yang membawa api. Dampak El Nino pun dijadikan alasan untuk para pengusaha untuk berkelit soal kebakaran hutan,” lanjut Raffles.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya