SOLOPOS.COM - Kebakaran lahan di tebing Kali Opak. (JIBI/Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati)

Kebakaran Gunungkidul yang misterius akan diteliti pakar dari UPN.

Harianjogja.com, SLEMAN – Kejadian lima rumah warga di Semanu yang terbakar secara misterius mengulik perhatian para pakar peneliti dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Mereka ingin meneliti lebih dalam keberadaan api di Dusun Kwangen Lor, Desa Pacarejo, KEcamatan Semanu yang gempar dengan terbakarnya lima rumah warga secara misterius tersebut. Keinginan ini lebih besar tentu untuk mengetahui ada kandungan apa di dalam perut bumi di sana.

Dekan Fakultas Teknologi Mineral, Diah Rini mengatakan jika melihat gejala dari pembertiaan kemungkinan besar di bawah tanah ada kandungan panas bumi. Namun hal ini butuh penelitian lebih jauh dari peneliti geolog.

“Kami sangat tertarik untuk meneliti. Nanti kami akan bicarakan kemungkinan bisa dilakukan atau tidak. Khususnya untuk mengirimka dulu para peneliti geologi,” kata Diah di UPN Veteran Yogyakarta, Rabu (7/10/2015).

Diah mengaku melihat dari gejalanya sangat dimungkinan perut bumi di sana memiliki kandungan panas bumi. Namun ukurannya entalpinya rendah, sedang atau tinggi yang masih perlu di teliti lanjutan.

“Ada kemungkinan disana ada kandungan panas bumi dengan entalpi rendah. Jika sedang dan tinggi tentu akan berpengaruh pada manusia, namun jika rendah hanya berimbas pada benda-benda yang mudah terbakar saja,” kata Diah.

Diah mengaku belum berani memberikan kepastian atas opininya ini. Dia mengaku masih membutuhkan penelitian lebih lanjut tentang kondisi ini.

“Nantilah kami bikin tim untuk meneliti jika memang sangat diperlukan,” kata Diah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya