SOLOPOS.COM - Gudang lantai lima kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhumkam), Jakarta, terbakar, Kamis (8/12/2022). (ANTARA/Luthfia Miranda Putri)

Solopos.com, JAKARTA — Gudang di lantai lima kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Jl. H. R. Rasuna Said No.Kav. 6-7 RT 016/RW 004, Setiabudi, Jakarta Selatan terbakar pada Kamis (8/12/2022).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng Wiyono, mengatakan penyebab kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

“Penyebab sementara diduga korsleting listrik. Tidak ada kendala saat evakuasi karena menggunakan sumber air dari gedung,” kata dia saat ditemui di lokasi kejadian.

Sugeng menyebutkan operasi pemadaman api dimulai pukul 11.15 WIB dan pada pukul 13.05 WIB masih proses pendinginan.

Pihak Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) mengerahkan 26 unit dan 130 personel dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Baca Juga : Breaking News! Kantor Kemenkumham Kebakaran

Untuk Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan dikerahkan sejumlah 19 unit dan 115 personel pemadaman kebakaran.

Menurut Sugeng tidak ada korban jiwa dan terluka dalam peristiwa itu. Selain itu petugas sedang menyisir lokasi agar tidak ada penjalaran api.

“Para pekerja sudah dievakuasi sebelum api semakin membesar dan saat ini kondisi sudah steril,” katanya.

Tidak Ada Arsip Penting

Berdasarkan laporan Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan, kronologi kejadian dimulai saat saksi, DA, melihat kebakaran di Gedung Sentra Mulia lantai lima yang merupakan tempat penyimpanan perlengkapan.

Baca Juga : Kebakaran di Cikini, Butuh 17 Unit Mobil Damkar untuk Padamkan Api

Pada awalnya pengelola gedung bersama petugas keamanan berusaha memadamkan api, namun asap semakin tebal. Mereka menghubungi pihak Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan.

Laporan kebakaran diterima Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Selatan pada pukul 11.08 WIB.

Di sisi lain, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memastikan tidak ada barang atau arsip penting yang terbakar saat gudang penyimpanan barang milik negara (BMN) di Jl. Rasuna Said Jakarta Selatan itu terbakar pada Kamis pukul 10.40 WIB.

“Alhamdulillah bukan barang-barang atau arsip penting,” kata Koordinator Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Tubagus Erif Faturrahman, saat dihubungi, Kamis.

Tubagus mengatakan insiden gudang BMN di kawasan Kantor Kemenkumham tersebut berisi arsip persuratan, barang bekas, dan alat tulis kantor lama yang sudah tidak terpakai. Dia menyampaikan barang-barang tersebut tidak bisa diselamatkan dari kobaran api.

Baca Juga : 40 Rumah di Cakung Terbakar karena Salah Satu Rumah Kelebihan Beban Listrik

Tubagus mengatakan kebakaran gudang BMN langsung ditangani petugas pemadam kebakaran sehingga kobaran api tidak meluas ke area sekitar. “Api saat ini sudah berhasil dipadamkan,” ujar dia.

Ia mengatakan pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kebakaran dan menaksir jumlah kerugian materiel akibat insiden tersebut. Dia memastikan tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat kebakaran tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya