SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat ATR 72-500/600 milik maskapai Wings Air (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Kementerian Perhubungan akan melakukan investigasi tertahannya pesawat Wings Air sehingga harus berputar-putar selama 20 menit.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan berencana melakukan investigasi terhadap penerbangan Wings Air IW-1821 rute Kupang-Maumere-Denpasar yang sempat tertahan 20 menit di udara sebelum mendarat di Bandara Frans Seda Nusa Tenggara Timur.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan Kemenhub telah mendapatkan sejumlah rekaman terkait penerbangan Wings Air yang tertahan tersebut.

“Nanti akan kami investigasi, kapan flight plan itu diberikan, omongan apa yang disampaikan pilot, jadi banyak isu di situ. Kami sudah mendapatkan rekaman-rekamannya, nanti akan disimpulkan,” katanya di Jakarta, Senin (20/6/2016).

Novie menjelaskan Kemenhub perlu mengumpulkan sejumlah fakta terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan, Kemenhub memberikan sanksi tegas, apabila memang terbukti lalai.

Dia menambahkan pihak yang akan diperiksa antara lain maskapai, pemandu lalu lintas udara atau AirNav Indonesia, dan pengelola bandara. Adapun, lama waktu investigasi diperkirakan selama satu bulan.

“Kami akan cek seluruhnya. Apakah SOP dijalankan secara benar atau tidak. Apakah perlu disesuaikan atau tidak. Setelah dilihat, baru ketemu simpulnya dimana, setelah itu akan dibina, bisa ke bandaranya, navigasinya, atau operatornya,” tuturnya.

Sebelumnya, maskapai Wings Air IW-1821 rute Kupang-Maumere-Denpasar sempat berputar-putar 20 menit di udara sebelum mendarat di Bandara Frans Seda. Diduga penyebab tertahannya pesawat karena bandara setempat belum mulai beroperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya