SOLOPOS.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar dalam mobil tahanan KPK. (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Solopos.com, JAKARTA — Sidang perdana Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (6/3/2014), juga membeberkan fakta mengejutkan saat Ratu Atut dan Wawan bertransaksi dengan Akil Mochtar yang saat itu menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Singkat cerita, Wawan dan Atut mengetahui biaya pemenangan sengketa Pilkada Lebak senilai Rp3 miliar, dari Susi Tur, orang yang dinilai dekat dengan Akil. Dalam percakapan telepon dengan Atut, Wawan memberitahukan ketidakjelasan uang yang akan diberikan kepada Akil Mochtar sehingga membuat Akil marah.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Lantas Wawan mengatakan. “Udah marah nih! tersinggung mungkin dia perasaannya. Lebak sama ini ni gimana nih? SMS-nya udah nggak enak ke Susi. Susi ngeliatn SMS ke Wawan,” ujar Wawan ke Atut.

Mendengar cerita Wawan itu, Ratu Atut bergegas meminta Wawan membantu menyiapkan dana. “Enya sok atuh, ntar di ini-in” ujar Atut.

Atas permintaan Atut ini, Wawan menyampaikan ke Susi Tur dirinya hanya bersedia menyiapkan uang sebesar Rp1 miliar untuk diberikan ke Akil yang akan diserahkan melalui Susi. Pada 1 Oktober 2013, Susi mengirim SMS ke Akil menyampaikan uang Rp1 miliar yang disiapkan.

Namun Akil marah karena uang tersebut tidak sesuai komitmen awal, yakni Rp3 miliar. “Ah males aku gak bener janjinya.” ujar Akil melalui SMS. Susi meminta Akil menerima Rp1 miliar dan menjanjikan akan menagih sisa uangnya.

Pada 2 Oktober 2013, Wawan dihubungi Susi melalui SMS yang memberitahukan permohonan Amir Hamzah dimenangkan MK. Selanjutnya, Susi Tur ditangkap petugas KPK di rumah Amir Hamzah. Sedangkan tas berisi uang Rp1 miliar disita petugas KPK dari rumah orang tua Susi Tur di Jl. Tebet Barat No. 30 Jakarta Selatan. Pada tanggal 3 Oktober, Wawan juga ditangkap petugas KPK di rumahnya Jalan Denpasar IV, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya