SOLOPOS.COM - Ketua DPRD nonaktif Bangkalan Fuad Amin Imron (tengah) bersiap menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (7/5/2015). Fuad selaku Ketua DPRD Bangkalan serta Bupati Bangkalan periode tahun 2003 - 2008 dan periode 2008 - 2013, didakwa menerima hadiah atau janji terkait dengan jual beli gas alam untuk pembangkit listrik di Gresik dan Gili Timur Bangkalan Madura, serta tindak pidana pencucian uang. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

Kasus suap Kiai Fuad Amin mengaku telah menerima uang dari PT Media Karya Sentosa.

Solopos.com, JAKARTA--Fuad Amin, Mantan Bupati Bangkalan mengaku menerima uang dari Antonius Bambang Djatmiko, Direktur PT Media Karya Sentosa (PT MKS). Hal tersebut diakui Fuad dalam sidang pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Fuad Amin menampik dirinya meminta uang tersebut dari Bambang. Menurut Fuad, uang tersebut merupakan hadiah yang diberikan Bambang kepadanya.

“Uangnya itu mungkin Pak Bambang untuk memberi sagu hati (untuk membuat senang),” ujar Fuad dalam persidangan.

Menurut Fuad, dirinya menerima empat kali uang dari Bambang. Selama dua bulan terakhir menjadi bupati Bangkalan, Fuad menerima Rp 600 juta dari Bambang. Setelah lengser dari jabatannya, Bambang masih memberikan uang kepada Fuad melalui Abdul Rouf.

“Semua uang yang diterima saya itu ada. Tapi tidak saya gunakan. Saya tidak pernah meminta,” tambah Fuad Amin.

Selain itu, Fuad menolak jika dikatakan menerima fee dari PT MKS karena telah memudahkan izin usaha gas alam di Bangkalan. Dalam berkas dakwaan, suap berawal saat PT MKS akan membeli gas alam di Blok Poleng, Bangkalan. Saat itu Perusahaan Daerah Sumber Daya pun ingin melakukan hal yang sama. Bambang selaku Direktur PT MKS meminta Fuad untuk membantu. Selain itu, Fuad juga memuluskan permohonan penyaluran gas alam ke Gili Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya