SOLOPOS.COM - Ilustrasi KPK (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Kasus suap impor Pertamina terus didalami oleh KPK dengan memanggil Vive Presiden PT Pertamina EP ELizar P. Hasibuan sebagai saksi.

Solopos.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Vice President PT Pertamina EP, Elizar P. Hasibuan sebagai saksi untuk tersangka Suroso Atmomartoyo (SAM).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha, menuturkan Elizar akan diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi suap impor Tetraethyl Lead (TEL) yang terkait dengan PT Pertamina pada tahun 2004-2005.

Tidak hanya Elizar yang akan dimintai keterangannya oleh tim penyidik KPK, tetapi KPK juga telah menjadwalkan pemanggilan kepada pensiunan PT Pertamina (Persero), Burhanuddin.

“Elizar akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SAM [Suroso Atmomartoyo],” tutur Priharsa saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Kamis (12/2/2015).

Seperti diketahui, dalam kasus TEL terkait dengan PT Pertamina tahun 2004-2005 terungkap merupakan kasus dugaan suap perusahaan energi asal Inggris, Innospec. Ltd terhadap pejabat Pertamina dan pejabat sektor Minyak dan Gas (Migas) tahun 2005.

Terkait kasus suap Innospec tersebut, KPK telah menetapkan tersangka kepada mantan Direktur Pengolahan Pertamina, Suroso Atmo Martoyo dan Direktur PT Soegih Interjaya, Willy Sebastian Liem.

Perusahaan itu adalah agen PT Innospec di Indonesia. Suroso Atmo Martoyo ditengarai menerima suap dari Innospec guna memuluskan ditundanya penerapan bensin bebas timbal di Indonesia.

Perkara Innospec tersebut mulai ramai pada saat Pertamina dipimpin Ari Soemarno. Ari saat itu adalah Direktur Utama (Dirut) Pertamina. Ari pun sudah diperiksa KPK sebagai saksi menyangkut kasus suap senilai jutaan dolar Amerika Serikat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya