SOLOPOS.COM - Ilustrasi HIV/AIDS (JIBI/Reuters/Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Sungguh memprihatinkan nasib tiga bocah kakak beradik di Tambora, Jakarta Barat, ini. Selain menderita setelah ditinggal kedua orang tuanya, ketiganya diketahui terjangkit penyakit HIV/AIDS.

Ketiga bocah malang itu bernama LTP, 12; NS, 6; dan NSR, 4. Orang tua mereka meninggal sekitar tiga bulan lalu. Sang nenek, Ronih, 50, dan anak Ronih, Aceng, 32, lalu merawat ketiganya dan tinggal di RT05 RW 09 Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Ibu mereka meninggal karena sakit AIDS juga,” jelas Ronih kepada wartawan, Selasa (11/2/2014).

Ronih mengatakan cucunya yang berinisial NS saat ini dirawat di RSUD Cengkareng. Sedangkan LTP dan NSR lagi tidak bisa dirawat lantaran tidak memiliki BPJS. “LTP dan NSR masih belum mendapatkan perawatan,” tuturnya.

Ronih bercerita, sebelum dirawat, NS sudah terjangkit sakit parah sejak Selasa (5/2/2014) malam. Saat itu para tetangganya mengira NS menderita gizi buruk karena badan bocah enam tahun itu dan dua saudaranya memang sangat kurus. Oleh ketua RW setempat, Tontowi, NS dibawa ke Puskesmas.

“Karena kondisinya yang sudah memprihatinkan, Rabu, NS dibawa ke Puskesmas Kecamatan Tambora,” ujar Ronih.

Ternyata setelah diperiksa, NS positif terjangkit HIV/AIDS. Bukan hanya NS, kedua saudaranya juga terjangkit penyakit yang sama. NS mengalami HIV/AIDS stadium 4, LTP stadium 2, dan SNR stadium 1.

“Dokter bilang, ketiga anak itu sudah memiliki rekam medis yang buruk. Tapi memang semenjak sang ibu meninggal tiga bulan lalu, kesehatan mereka terabaikan. Kalau sakit paling dirawat di rumah saja,” imbuh Ronih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya