SOLOPOS.COM - Budi Waseso. (JIBI/Solopos/Antara)

Kasus Budi Gunawan ada kemungkinan bakal berhenti. Isyarat itu muncul meskipun gelar perkara belum dilakukan.

Solopos.com, JAKARTA — Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso memberi sinyal bakal menghentikan kasus dugaan suap dan gratifikasi Komjen Pol. Budi Gunawan.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

“Begini, kasusnya Pak BG kita bicara aturan hukum, praperadilan sudah jelas berhenti,” kata Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Budi Waseso mengatakan berdasarkan penelitian dari timnya dan beberapa saksi ahli, kesimpulan sementara Bareskrim adalah berkas kasus Budi Gunawan tidak layak. “Dari saksi ahli dan kepolisian, tidak layak disebut berkas untuk menetapkan tersangka seseorang,” katanya.

Meskipun begitu, pihaknya tak dapat menjadikan kesimpulan tersebut untuk memutuskan kasus Budi Gunawan. Karena itu, Kabareskrim akan mengundang saksi ahli, KPK, PPATK, dan Kejaksaan Agung (Kejakgung) dalam gelar perkara itu. “Tidak bisa serta merta memutuskan, kita akan undang. Untuk mengetahui dasarnya apa. Termasuk saksi ahli akan menilai itu,” katanya.

Dengan ekspose atau perkara itu, Budi Waseso berharap tak ada lagi penilaian negatif terhadap kasus Budi Gunawan ketika sudah diputuskan. Menurut dia, dalam memutuskan kasus Budi Gunawan, pihak yang diundang akan ikut menentukan. “Jadi kita harus fair,” katanya.

Mantan Kapolda Gorontalo mengatakan unsur KPK, Kejakgung, dan PPATK akan memberikan penilaian secara subtantif terhadap berkas kasus Budi Gunawan dalam gelar perkara nanti. Berkas kasus Budi Gunawan dilimpahkan ke Bareskrim setelah terlebih dahulu berada di Kejakgung. Hingga saat ini, Bareskrim belum mengumumkan kapan gelar perkara dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya