SOLOPOS.COM - Bambang Widjojanto (kiri) dan Abraham Samad. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Kasus Abraham Samad terus bergulir di DPR. Komisi III DPR membentuk panitia kerja (panja) untuk menyelidiki masalah ini.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi III DPR memilih politikus PDIP, Trimedya Panjaitan, sebagai pemimpin panitia kerja (panja) Samad-Hasto untuk mengkalrifikasi dugaan pelanggaran etik Ketua KPK Abraham Samad. Samad dilaporkan oleh pelaksana tugas sekjen PDIP, Hasto Kristyanto.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Hal itu dikemukanan oleh Rio Patrice Capella, politikus Partai Nasdem. “Panja Samad-Hasto sudah dibentuk oleh Komisi III pada sidang yang berakhir 18 Februari 2015. Ketuanya Trimedya,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Selasa (17/2/2015).

Sesuai keterangan Hasto Kristiyanto, tuturnya, Abraham Samad diduga menyalahgunakan wewenang dengan ikut bermain politik. Samad dikabarkan sempat berambisi menjadi calon pendamping Presiden Jokowi dalam Pilpres 2014.

Meski demikian, paparnya, panja Samad-Hasto dipastikan berjalan efektif setelah masa sidang selanjutnya dibuka. “Namun, tidak menutup kemungkinan selama reses atau jeda antarsidang, kami melakukan investigasi perihal dugaan itu,” kata Rio Patrice Capella yang masuk menjadi anggota panja Samad-Hasto.

Menurutnya, panja itu dibentuk karena masih ada perbedaan keterangan dari Abraham Samad dan sejumlah mantan petinggi PDIP. Selain Hasto Kristiyanto, mantan petinggi PDIP yang sudah dimintai keterangan antara lain Andi Widjajanto (Sekretaris Kabinet) dan Tjahjo Kumolo (sekarang menjabat Mendagri).

Selain petinggi PDIP, dua orang yang mengaku sahabat Abraham Samad juga telah dimintai keterangan. “Keduanya adalah Supriansyah sebagai pemilik apartemen The Capital di kawasan SCBD, tempat pertemuan Samad dengan petinggi PDIP, dan Zainal Tahir.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya