SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Media Center Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu. (19/2/2023) (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi puluhan pejabat tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di sejumlah Polda di Jawa dan luar Jawa.

Puluhan perwira tersebut dimutasi mulai dari Kapolda hingga Kapolres.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pengangkat puluhan pejabat kepolisian itu tertuang dalam Surat Telegram (ST) Kapolri bernomor 1394/VI/KEP/2023, 1395/VI/KEP/2023, dan 1396/VI/KEP/2023, tertanggal 24 Juni 2023.

Berikut rincian perwira yang menjalani mutasi, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Senin (26/6/2023).

1. Polda Bali

Sejumlah pejabat di Kepolisian Daerah Bali dimutasi dari jabatannya, termasuk Kapolda Bali Inspektur Jenderal Polisi Putu Jayan Danu Putra dan Wakapolda Brigadir Jenderal Polisi I Ketut Suardana.

“Khusus Kapolda dan Wakapolda Bali, dimutasi untuk persiapan penugasan di luar struktur,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto di Denpasar, Bali, Senin.

Dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo tertulis Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra dimutasikan sebagai pati Baintelkam Polri dan diganti oleh Brigjen Pol. Ida Bagus K. Putra Narendra yang sebelumnya menjabat Karoada B/J Slog Polri.

Sementara itu, Brigjen Pol. I Ketut Suardana yang sekarang menjabat sebagai Wakapolda Bali dimutasikan sebagai pejabat tinggi Bareskrim Polri.

Jabatan Wakapolda Bali selanjutnya akan dijabat oleh Brigjen Pol. I Gusti Kade Budhi Harryarsana yang sebelumnya bertugas Direktur Program Sarjana STIK Lemdiklat Polri.

Selain Kapolda dan Wakapolda, sejumlah pejabat di lingkungan Polda Bali juga ikut dimutasi adalah Karolog Polda Bali Kombes Pol. Nelson Pardamean Purba diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagada B/J Slog Polri.

Dia diganti oleh Kombes Pol. I Gede Mega Suparwitha yang sebelumnya menjabat Karolog Polda Sumut.

Kombes Pol. Nuryanto yang menjabat sebagai Karoops Polda Bali diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabagpakatkerma Rokerma KL Sops Polri dan digantikan oleh Kombes Pol. Soelistijono yang sebelumnya menjabat Direktur Polairud Polda Bali.

Selanjutnya, Kabagselbangyar Korpolairud Baharkam Polri Kombes Pol. Ponadi diangkat sebagai Dirpolairud Polda Bali.

Untuk Kombes Pol Ketut Onik Suirawan Karorena Polda Bali, dimutasikan sebagai pamen Polda Bali dalam rangka pensiun.

Kombes Pol. Daniel Widya Mucharam sebelumnya Akreditor Utama Divpropam Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Karorena Polda Bali.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali Kombes Pol. Surawan diangkat sebagai Dirreskrimum Polda Jabar.

Posisi Direskrimum Polda Bali akan dijabat oleh Kombes Pol. Yanri Paran Simarmata yang sebelumnya Anjak Madya Bidang Iknas Bareskrim Polri.

Berikutnya Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setiyanto diangkat sebagai Kabidhumas Polda Jateng.

Posisinya sebagai Kabid Humas Polda Bali digantikan oleh Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabidhumas Polda Kepulauan Riau.

Kombes Janssen pernah menjabat sebagai Kapolresta Denpasar periode 2020—2022.

Untuk Kombes Pol. Dody Pribadi yang menjabat sebagai Kabidbinsis Diklat Reserse Lemdiklat Polri, dimutasikan sebagai pamen Polda Bali dalam rangka berobat.

Terakhir, AKBP Dewa Ngakan Nyoman Arinata yang menjabat sebagai Kapolres Merangin Polda Jambi diangkat sebagai Irbid Itwasda Polda Bali.

2. Polda Jatim

Sebanyak lima Kapolres di Polda Jawa Timur dimutasi.

Kapolres Ngawi AKBP Dwiasi Wiyatputera mendapat tugas baru sebagai Kabagwatpres RO SDM Polda Metro Jaya dan posisinya digantikan AKBP Argowiyono yang sebelumnya menjabat Kapolres Blitar Kota.

Sementara posisi yang ditinggalkan Argowiyono akan ditempati AKBP Danang Setiyo Pambudi yang sebelumnya menjabat Kasubdit 3 Ditresnarkona Polda Metro Jaya.

Kemudian Kapolres Tulungagung AKBP Eko Hartanto diangkat sebagai Kabagbinkar RO SDM Polda Sumatera Utara.

Posisinya akan digantikan AKBP Teuku Arsya Khadafi yang sebelumnya menjabat Kapolres Probolinggo.

Sedangkan kursi Kapolres Probolinggo akan diisi AKBP Wisnu Wardana yang sebelumnya menjabat Kasubdit 5 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Selanjutnya Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino mendapat penugasan sebagai Wadir Pamobvit Polda Metro Jaya.

Posisi Alith akan digantikan AKBP Gathut Bowo Supriyono yang sebelumnya menjabat Kasubditgakkum Ditlantas Polda Jatim.

Selain lima kapolres tersebut, sejumlah pejabat utama di Polda Jatim juga ada yang bergeser, yakni Karolog Polda Jatim Kombes Polisi Pranyoto yang diangkat sebagai Karobekum Slog Polri dan posisinya digantikan Kombes Polisi Chairul Aziz yang sebelumnya menjabat Karolog Polda Maluku.

Kepala Rumkit Bhayangkara TK II Surabaya Kombes Polisi Agung Hadi Wijanarko mendapat tugas baru sebagai Kabid Dokkes Polda Sulawesi Barat dan posisinya digantikan Kombes Polisi Aris Sukarno yang sebelumnya menjabat Kabid Dokkes Polda Maluku.

Ada juga Wadir Reskrimum Polda Jatim AKBP Ronald Ardiyanto Purba yang memperoleh promosi menjadi Direktur Reskrimsus Polda Kalimantan Utara.



Posisi Ronald digantikan AKBP Pitter Yanottama yang sebelumnya menjabat Kapolres Sragen (Jawa Tengah).

Kabagwatpres RO SDM Polda Jatim AKBP Eva Guna Pandia diangkat sebagai Kadomat Slog Polri dan Kabagwassidik Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Krishadi Permadi menempati posisi baru sebagai Kabid Propam Polda Kalimantan Utara.

3. Polda NTB

Jabatan Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Nusa Tenggara Barat dan tiga kepala kepolisian resor (kapolres) masuk dalam daftar mutasi Polri.

Untuk jabatan Irwasda Polda NTB, Kombes Pol. Djoko Hari Utomo mendapat tugas baru sebagai Auditor Kepolisian Utama TK II Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri.

Penggantinya adalah Kombes Pol. Benny Subandi yang sebelumnya menjabat Inspektur Bidang Manajemen SDM pada Itwasum Polri.

Untuk tiga jabatan kapolres yang masuk dalam daftar mutasi, adalah Kapolres Lombok Tengah, Kapolres Lombok Utara, dan Kapolres Dompu.

Untuk Kapolres Lombok Tengah yang kini dijabat oleh AKBP Irfan Nurmansyah akan diduduki oleh AKBP Iwan Hidayat, Kapolres Dompu.

Irfan Nurmansyah ditugaskan dalam jabatan baru sebagai Wakil Direktur Samapta Polda NTB.

Jabatan Kapolres Dompu ditugaskan AKBP Zulkarnain yang kini masih aktif menjabat sebagai Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satuan Brimob Polda NTB.



AKBP I Wayan Sudarmanta yang menduduki jabatan Kapolres Lombok Utara mendapatkan amanah baru sebagai Wakil Direktur (Wadir) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda NTB.

Penggantinya adalah AKBP Didik Kuncoro yang saat ini menjabat Kepala Subdit III Resnarkoba Polda NTB.

4. Polda Riau

Beberapa yang diganti yakni Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya yang dimutasi ke Divisi Humas Polri.

Nandang baru menempati jabatan Kabid Humas Polda Riau selama tiga bulan, menggantikan Kombes Pol Sunarto.

Nandang akan mengemban amanah sebagai Kabag Disindig Romulmed Divhumas Polri.

Posisinya digantikan oleh Kombes Hery Harwono yang kini menjabat di Divisi Humas Polri.

Direktur Samapta Polda Riau Kombes Faried Zulkarnain akan menjabat sebagai Karolog Polda Sumbar, digantikan Kombes Dwi Yanto dari Korbrimob Polri.

Kabid Profesi dan Pengamanan Polda Riau Kombes Johanes Setiawan pindah jadi Kabidkum Polda Jawa Tengah, penggantinya AKBP Edwin Louis Sengka.

Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja dimutasi menjadi Kapolres Kampar.



Posisinya digantikan Kasubdit III Ditreskrimum Polda Riau AKBP Asep Sujarwadi.

Kapolres Kampar AKBP Didik Prioyo Sambodho mengisi jabatan Wadirsamapta Polda Jateng.

Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto dimutasi jadi Wadir Lantas Polda Riau.

Posisi digantikan AKBP Dhovan Oktavianto yang saat ini menjabat Kasubdit Tipiter Polda Riau.

Kasubdit III Narkoba AKBP Diari Astetika ditugaskan menjadi Kapolres Padang Lawas, Sumatra Utara.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya