SOLOPOS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit angkat suara perihal bentok massa di Bitung Sulawesi Utara saat menghadiri rakornas pemilu damai Bawaslu, Senin (27/11/2023). (JIBI/Bisnis-Anshary Madya Sukma)

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menanggapi peristiwa bentrok antara dua kelompok masyarakat pro-Palestina dan ormas lainnya di Bitung, Sulawesi Utara. 

Sebelumnya, beredar video di media sosial bentrokan antara massa aksi bela Palestina dengan massa yang membawa bendera Israel di Bitung. 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto menyampaikan narasi bentrok pro-Palestina dan pro-Israel itu tidak benar. 

Dia menyampaikan bahwa seluruh pihak aparat penegak hukum, mulai dari panglima kodam (pangdam), polda dan stakeholder terkait mengimbau masyarakat agar peristiwa tersebut tidak terulang. “

Ya yang jelas, sampai dengan hari ini Pangdam, Kapolda dan seluruh stakeholder bersama-sama bekerja untuk mengimbau agar peristiwa yang terjadi tidak terulang lagi,” kata Listyo Sigit usai menghadiri rakornas Bawaslu, Senin (27/11/2023). 

Dia juga meminta kepada seluruh pihak agar terus menjaga persatuan dan tidak mudah terprovokasi atas informasi yang ada.  

“Sehingga semangat terkait dengan apa yang disampaikan jangan membuat kemudian memecah belah kerukunan yang ada,” tambahnya. 

Diberitakan sebelumnya, dalam bentrokan antar ormas yang terjadi di Kota Bitung pada Sabtu (25/11/23), Kepolisian berhasil menangkap tujuh pelaku. 

Ketujuh pelaku di antaranya berinisial RP, HP, GK, FL, BI, MP, dan RA. Adapun, salah satu dari tujuh pelaku tersebut masih berada di bawah umur. 

Selain itu, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto menyampaikan dalam bentrokan itu telah mengakibatkan satu orang korban meninggal dunia.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Penjelasan Kapolri soal Bentrok Massa di Bitung Sulawesi Utara”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya