SOLOPOS.COM - Badrodin Haiti dalam fit and proper test calon Kapolri, Kamis (16/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Kapolri baru Jenderal Pol. Badrodin Haiti belum diketahui siapa pendampingnya.

Solopos.com, JAKARTA — Entah isyarat bakal menjadi Wakapolri atau bukan, nama Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen Pol. Budi Gunawan disebut oleh Kapolri baru Jenderal Pol. Badrodin Haiti. Padahal Badrodin sebenarnya ingin menyebutkan nama Komjen Pol. Budi Waseso.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Saat itu, awak media hendak menanyakan perihal perkembangan kasus Payment Gateway yang melibatkan Denny Indrayana kepada Jenderal Pol. Badrodin. Kasus itu kini ditangani oleh Bareskrim Polri.

“Silakan tanya Pak Budi Gunawan, ah Pak Budi Waseso. Salah nama Budinya yang sama,” kata Badrodin Haiti buru-buru cepat mengkoreksi ucapannya seraya tertawa saat ditemui seusai shalat Jumat di Masjid Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Sebelum itu, ketika disinggung peluang Budi Gunawan menjadi wakapolri, Badrodin terus menjawabnya dengan diplomatis. Menurut dia, seluruh jenderal berbintang tiga di Polri berpeluang menjabat wakapolri, tinggal ditentukan oleh Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi [Wanjakti].

“Semua bintang tiga layak. Selama ini sudah cocok [dengan jenderal bintang tiga], tinggal pertimbangan dari Wanjakti,” kata mantan Kapolda Jawa Timur itu.

Dia mengatakan Wanjakti akan dilaksanakan dalam waktu dekat, namun pihaknya akan melakukan penataan terlebih dahulu di internal. Saat ini, kata Badrodin, posisi Wakapolri masih kosong. “Ya nanti lah kita tata dulu di dalam. Masih kosong [Wakapolri].”

Tak sampai di situ, awak media kembali menyinggung soal pengganti Kalemdikpol jika Komjen Pol. Budi Gunawan naik menjadi Wakapolri. “Iya bintang dua,” kata Badrodin.

Badrodin Haiti pun segera mengalihkan jawabannya agar tidak terlalu fokus membahas Lemdikpol. Menurut Badrodin semua jabatan yang kosong di Polri harus segera diisi. “Begini siapa pun jabatannya yang kosong harus diisi seperti Kabaharkam, Irwasum, Kabareskrim, dan lainnya.”

Belakangan nama Budi Gunawan sering dibicarakan publik, setelah muncul suara-suara di DPR soal memasangkan pasangan Badrodin Haiti-Budi Gunawan (Badrodin-BG). Sementara itu, Mabes Polri berkali-kali menyatakan urusan siapa yang jadi wakapolri ditentukan oleh Wanjakti ketika Kapolri sudah terpilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya