SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam)

Kapolri baru masih teka-teki. Presiden Jokowi diharapkan segera memutuskan status pelantikan Budi Gunawan.

Solopos.com, JAKARTA – Pengamat Politik Hanta Yuda mengharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berani dalam memutuskan status pelantikan Komisaris Jenderal Budi Gunawan secepatnya.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

“Intinya harus berani ambil keputusan. Entah itu mau dilantik atau tidak,” katanya dalam diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (7/2/2015).

Menurut dia jika Presiden terlalu lama menunda keputusan maka akan memunculkan persepsi publik yang membuat iklim politik semakin tidak menentu. Hal itu dinilai dapat mengganggu kinerja presiden.

Kendati demikian, keputusan tersebut nantinya harus mengedepankan politik harmoni agar semua pihak dapat terwakili. Karenanya presiden mesti terampil dalam mengelola dinamika dan negosiasi politik saat ini.

“Bagaimana negosiasikannya. Tentu harus ada keberanian apa pun risikonya,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan berharap Presiden dapat memanfaatkan waktu saat ini untuk mempertimbangkan keputusannya terhadap pelantikan Komjen Budi Gunawan.

“DPR hanya pasif sepanjang itu hanya memberikan rekomendasi kepada Presiden,” kata dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi menjelang lawatan ke luar negeri berjanji akan memberikan kepastian terkait status Kapolri pada Senin, Selasa atau Rabu depan.

Adapun Kompolnas pada Jumat (6/2/2015) lalu di Mabes Polri telah mewawancarai empat nama calon baru Kapolri guna mengantisipasi batalnya pelantikan Komjen BG.

Keempat nama itu adalah Komjen Budi Waseso, Komjen Dwi Priyatno, Komjen Badrodin Haiti, dan Komjen Putut Eko Bayu Seno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya