SOLOPOS.COM - Andi Widjajanto (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Kapolri baru sempat dikabarkan tidak akan diisi Budi Gunawan setelah ada 6 nama calon baru. Lagi-lagi, Istana membantahnya.

Solopos.com, BOGOR — Pihak Istana membantah telah menerima enam nama baru calon Kapolri yang diusulkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk menggantikan Komjen Pol. Budi Gunawan. Sebelumnya, kabar ini menimbulkan spekulasi batalnya pelantikan Budi Gunawan.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto, mengatakan Presiden Jokowi tidak pernah menyatakan ada enam nama baru calon Kapolri untuk menggantikan Budi Gunawan. Bahkan, Presiden pun belum pernah bertemu secara formal dengan Kompolnas terkait pengajuan nama baru tersebut. Baca: Jokowi Dianggap Tampar DPR.

“Saya tidak pernah mendengar Presiden menyatakan ada enam nama baru calon Kapolri. Kami juga belum pernah dan belum ada jadwal pertemuan formal antara Presiden dengan Kompolnas terkait pengusulan enam nama baru itu,” katanya di Istana Bogor, Jumat (13/2/2015).

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengaku sudah menyerahkan usulan Kompolnas kepada Presiden Jokowi. Usulan tersebut seharusnya disampaikan langsung oleh Kompolnas, tetapi dibatalkan karena kesibukan Presiden. Baca: Kompolnas Serahkan 6 Nama Baru Calon Kapolri.

Andi Widjajanto juga menjanjikan secepatnya mengumumkan keputusan terkait pencalonan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri. Saat ini, Presiden Jokowi masih mempertimbangkan persoalan hukum dan politik yang saling terkait dalam persoalan itu.

Menurutnya, proses persidangan praperadilan yang diajukan Mabes Polri terkait penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi bukan satu-satunya acuan Presiden dalam memutuskan persoalan itu. “Salah satu yang diperhatikan Presiden adalah proses praperadilan, tetapi kerangka waktu yang digunakan Presiden tidak semata-mata proses itu,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak Istana meminta masyarakat bersabar menunggu sikap Presiden Jokowi terkait calon Kapolri karena harus menunggu proses praperadilan Budi Gunawan. Proses tersebut dianggap sangat penting, karena memberi kepastian hukum terkait status jenderal bintang tiga itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya