SOLOPOS.COM - Logo Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). (istimewa)

Kapolri baru akan menentukan wakapolri pekan ini. Berikut ini 6 kriteria calon wakapolri.

Solopos.com, JAKARTA – Jabatan Wakapolri kosong setelah Badrodin Haiti dilantik menjadi Kapolri pekan lali. Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar berpendapat ada enam kriteria yang harus dimiliki seorang calon Wakapolri untuk mendampingi Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Pertama, menurut Bambang, Wakapolri haruslah pejabat tinggi yang bersih dari catatan korupsi.

Kedua, lanjut dia, independen dan tidak terkait dengan aktivitas partai politik.

“Ketiga, mampu mengoordinasikan pejabat teras Polri untuk membenahi karut manajemen di bidang sumber daya manusia dan operasional reserse,” katanya kepada Bisnis/JIBI melalui pesan singkat, Selasa (21/4/2015).

Keempat, Wakapolri harus mampu meningkatkan pengawasan di lingkungan Polri. Kelima, Wakapolri mesti meneruskan program reformasi Polri secara optimal.

“Keenam, membantu Kapolri memperbaiki hubungan kerja antar penegak hukum khususnya dalam rangka pemberantasan korupsi,” kata dia.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengaku akan menentukan sosok pendampingnya pada pekan ini. Kapolri menyebut seluruh jenderal bintang tiga yang tersedia di Polri berpeluang menempati jabatan Tri Brata 2.

Penentuan itu terlebih dahulu melalui mekanisme sidang Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang dipimpin oleh Kapolri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya