SOLOPOS.COM - Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti mengusap dahi sebelum sidang kabinet di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Kapolri baru segera diuji di Komisi III DPR. Badrodin Haiti akan menghadapi fit and proper test selama tiga hari.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi III DPR menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan (fit an proper test) Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai kapolri pada 15-17 April 2015.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Ketua Komisi III dari Fraksi Partai Golkar, Azis Syamsuddin, mengatakan uji kelayakan dan kepatutan itu akan digelar selama tiga hari. Meski demikian, tanggal itu akan lebih dulu dibahas saat pleno internal di Komisi III DPR.

“Pada tanggal-tanggal itu uji kelayakan dan kepatutan Badrodin. Sekaligus pleno persetujuan sebelum dibawa ke paripurna untuk pengesahan,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Rabu (8/4).

Terkait dengan tahapan fit and proper test calon kapolri, Aziz Syamsuddin yakin prosedurnya masih sama dengan saat Komjen Pol Budi Gunawan dicalonkan sebagai kapolri. “Tahapannya tidak jauh beda,” katanya.

Dalam uji kelayakan dan kepatutan untuk calon kapolri, selain program khusus dan unggulan polri, Komisi III DPR juga akan berkunjung ke rumah Badrodin Haiti untuk melihat situasi dan kondisinya. “Kami akan lihat situasi keluarga sebagai elemen pendukung kinerja.”

Jadi, tahapan-tahapan itu akan dilakukan secara marathon agar indonesia segera memiliki kapolri definitif. “Selain itu, DPR juga akan segera reses. Jadi Presiden Joko Widodo bisa segera melantik kapolri terpilih,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya