SOLOPOS.COM - Wakapolri Komjen Badrodin Haiti (kedua dari kanan) didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono (kanan) memantau lokasi ledakan di Tanah Abang, Jakarta,, Rabu (8/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Vitalis Yogi Trisna)

Kapolri baru segera dipilih. Namun untuk posisi wakapolri, pemilihannya tak sepaket dengan uji kelayakan calon kapolri.

Solopos.com, JAKARTA — Komisi III DPR memastikan tidak ada pembahasan paket Komjen Pol Badrodin Haiti dan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) dalam proses uji kelayakan dan kepatutan kapolri.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Wakil ketua Komisi III dari fraksi PDIP, Trimedya Panjaitan, mengatakan uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri akan dilakukan kepada Badrodin Haiti saja. “Tidak ada pembahasan paket dengan BG yang disebut-sebut menjadi calon kuat wakapolri,” katanya di kompleks Gedung DPR, Senayan, Rabu (15/4/2015).

Komisi III DPR, paparnya, akan tetap mengacu pada aturan yang berlaku. “DPR hanya mengadakan uji kelayakan dan kepatutan kepada calon kapolri. Adapun wakapolri itu merupakan domain polri dan wanjakti.”

Saat ini, Komisi III DPR tengah menguji kelayakan dan kepatutan Badrodin Haiti sebagai Kapolri. “Kami akan mengambil keterangan dari keluarganya sebagai latar belakang penguat kinerja kapolri mendatang,” katanya.

Sebelumnya, Komisi III DPR telah meminta keterangan dari KPK, PPATK, dan Kompolnas terkait rekam jejak Badrodin Haiti. “Sampai saat ini, kami belum menemukan kinerja buruk dan penguat dugaan kepemilikan rekening tak wajar badrodin,” kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi PPP, Arsul Sani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya