SOLOPOS.COM - Komjen Pol Budi Gunawan (Wikipedia)

Kapolri baru belum disahkan. Budi Gunawan dikabarkan menjadi kandidat terkuat wakapolri.

Solopos.com, JAKARTA – Komisaris Jenderal Budi Gunawan dikabarkan bakal menjadi Wakapolri setelah Wakapolri saat ini Komjen Badrodin Haiti disahkan menjadi Kapolri.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Kepala Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Anton Charliyan tak menampik kabar itu. Bahkan Anton mengatakan Kepala Lemdikpol itu merupakan salah satu kandidat Wakapolri terkuat di antara kandidat yang lain.

“Salah satu kandidat utama Pak BG [Budi Gunawan],” kata Anton di Gedung Humas Polri, Jakarta, Senin (6/4/2015).

Seperti diketahui BG merupakan calon Kapolri sebelum akhirnya dibatalkan pelantikannya oleh Presiden Jokowi lantaran status tersangkanya. Untuk menggantikan BG, Presiden menunjuk Badrodin Haiti yang saat ini menjabat Wakapolri sebagai calon Kapolri.

Kendati demikian, kata Anton, pemilihan Wakapolri harus melewati Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Nantinya Wanjakti itu yang menentukan layak tidaknya seorang calon Wakapolri.

“Nanti terserah Wanjakti soal Wakapolri,” kata dia.

Dia menambahkan begitu Wanjakti sudah menentukan calon Wakapolri, terlebih dahulu harus meminta persetujuan Presiden.

Sementara itu pihaknya saat ini sangat mendorong agar Badrodin Haiti menjadi Polri. Dia mengatakan Komjen Budi Gunawan sangat mendukung penuh pencalonan Badrodin sebagai Kapolri.

“Yang penting Pak Badrodin dulu jadi Kapolri. Pak BG sangat mendukung,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya