SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA-Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo menjamin insiden Mesuji akan ditangani serius. Polri sudah melakukan penyidikan atas para tersangka di dua tempat, yakni di Mesuji, Sumsel dan Mesuji di Lampung. Aparat yang diindikasikan terlibat pun akan diproses.

“Ada dua polisi sudah diperiksa disiplin. Kalau terbukti nanti ada pidana, juga diproses secara pidana. Artinya proses sampai peradilan,” jelas Timur di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Jumat (16/12/2011).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Pemeriksaan atas dua polisi itu, lanjut Timur terkait insiden di Mesuji, Lampung pada 11 November lalu. Saat itu terjadi sengketa antara masyarakat dan pihak perkebunan sawit. satu orang tewas dalam peristiwa itu.

“Kemudian apa yang menjadi permasalahan di masyarakat ini kita melakukan penyelidikan terus. Kita bantu DPR, Komnas HAM, untuk melakukan penyelidikan terkait laporan masyarakat itu,” jelasnya.

Untuk kasus di Mesuji, Sumsel sama dengan kasus di Lampung, di mana konflik terjadi antara masyarakat dan pihak perusahaan. Di sana polisi sudah menetapkan enam tersangka.

“Kemudian dalam proses peradilan, memang ada tersangka yang masih dalam proses penyidikan,” jelasnya.

Timur menegaskan, pihaknya melakukan langkah preventif dan preemptif. Polisi tidak boleh memihak. “Kemudian kala ada jalan yang salah di polisi akan kita proses, tapi kalau ada pelanggaran hukum akan dihukum juga, jadi kita harus paham betul,” tegasnya. dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya