SOLOPOS.COM - Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar. (Solopos.com-Ria Aldila Putri)

Solopos.com, JAKARTA — Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar mengaku pernah diminta menemani Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menghadap ke Ketua KPK Firli Bahuri.

Menurut Kombes Irwan, peristiwa yang terjadi pada tahun 2021 itu untuk pendampingan kasus di Kementerian Pertanian.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Irwan mengaku Firli Bahuri adalah mantan atasannya di Polda NTB tahun 2017 sedangkan Syahrul Yasin Limpo adalah pamannya.

Dia menuturkan pertemuannya dengan kedua pejabat negara itu terjadi pada 2021.

Kala itu, Syahrul meminta ditemani Irwan untuk menemui Firli guna pencegahan korupsi atau pendampingan dalam kasus di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Pernah ada di tahun 2021 kira-kira pada Februari itu kira-kira saya diminta menemani Pak SYL untuk menemui Pak Firli dalam rangka membangun atau membuat kerja sama pencegahan tindak pidana korupsi atau pendampingan di Kementan, dalam hal ini pencegahan korupsi itu saja yang saya tahu,” kata Irwan kepada wartawan, Selasa (10/10/2023).

Dia juga mengaku telah mengenal baik kedua pejabat di Indonesia itu. Firli disebut pernah menjadi atasannya di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2017.

Sementara itu, Irwan juga mengaku memiliki hubungan kekerabatan dengan Mentan Syahrul yang disebut merupakan pamannya.

“Pak Firli dulu adalah atasan langsung saya ketika saya menjabat direktur kriminal umum di Polda NTB kira-kira tahun 2017, lalu. Kemudian pak mentan adalah paman saya kebetulan bersaudara dengan mertua perempuan saya,” tuturnya.

Di sisi lain, dia juga membantah isu mengenai dirinya yang terlibat dalam penyerahan uang dalam pertemuannya dengan Firli maupun Syahrul Yasin.

“Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa,” ujar Irwan.

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) menyebut Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar menjadi saksi kunci dalam perkara dugaan pemerasan pimpinan KPK di lingkungan Kementan pada 2021.

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso menuturkan Irwan Anwar menjadi sosok penting untuk menjerat pimpinan KPK melalui keterangannya.

Namun melalui keterangannya juga bisa membuat Irwan menjadi tersangka.

Dengan demikian, dia meminta agar Irwan diberikan proteksi lebih agar bisa memberikan keterangan secara lebih leluasa dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK ini.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kombes Irwan Akui Pernah Temani SYL Temui Ketua KPK Firli Bahuri”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya