SOLOPOS.COM - Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar. (Solopos.com/Ria Aldila Putri)

Solopos.com, JAKARTA — Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar menjadi saksi kunci dalam perkara dugaan pemerasan pimpinan KPK di lingkungan Kementan pada 2021.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso menuturkan Irwan Anwar menjadi sosok penting untuk menjerat pimpinan KPK melalui keterangannya.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Namun melalui keterangannya juga bisa membuat Irwan menjadi tersangka.

“Jadi posisi Kombes Irwan Anwar ini sangat penting. Dia bisa menjerat pimpinan KPK dengan keterangannya atau dia bisa kemudian menjadi martir menahan posisi nanti menjadi tersangka pada dirinya. Oleh karena itu sangat strategis keterangan dari Kombes Irwan Anwar,” kata Sugeng kepada wartawan, Senin (9/10/2023).

Dengan demikian, dia meminta agar Irwan diberikan proteksi lebih agar bisa memberikan keterangan secara lebih leluasa dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.

“Oleh karena itu harus ada jaminan dari pihak Polda Metro Jaya jaya bahwa Kombes Irwan Anwar ini dijadikan sebagai whistleblower,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan Irwan sudah dimintai klarifikasi dalam tahap penyelidikan.

“Benar (Irwan) salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan,” kata Ade.
Sementara itu, Polda Metro Jaya telah menaikkan status perkara dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dalam penanganan kasus Kementan ke tahap penyidikan.

Adapun, polisi telah meminta keterangan atau klarifikasi dari enam orang saksi pada tahap penyelidikan dalam kurun waktu 21 Agustus sampai dengan 6 Oktober 2023.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “IPW: Kombes Irwan Saksi Kunci Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK di Kasus SYL”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya