SOLOPOS.COM - LEPAS SAMBUT -- Pejabat lama Kapolresta Solo, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, melambaikan tangan saat upoacara perpisahan di halaman Mapolresta Solo, Rabu (8/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

LEPAS SAMBUT -- Pejabat lama Kapolresta Solo, Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, melambaikan tangan saat upacara perpisahan di halaman Mapolresta Solo, Rabu (8/2/2012). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Tour of duty atau perputaran tempat tugas adalah hal yang biasa di kalangan kepolisian. Tour of duty ini juga dialami Kapolresta Solo Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, yang kini berpindah tugas ke Mabes Polri, tepatnya sebagai Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri. Begitu pula penggantinya, Kombes Pol Asjima’in, yang sebelumnya bertugas di Polda Lampung.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Sejumlah acara pun digelar untuk menyambur pergantian tugas ini, salah satunya adalah tradisi pedang pora untuk melepas pejabat lama, yang dilaksanakan di halaman Mapolresta Solo, Rabu (8/2/2012). Dalam kesempatan ini, para perwira Polresta Solo membentuk dua barisan saling berhadapan dan mengacungkan pedang ke depan. Kemudian pejabat lama Kapolresta, Kombes Pol Listyo bersama isteri berjalan melewati barisan itu. Prosesi juga diwarnai taburan bunga kepada kedua pasangan pejabat lama dan baru. Terlihat beberapa pengurus Bhayangkari atau organisasi istri anggota Polri Polresta Solo yang terlihat terharu mengikuti upacara pelepasan itu.

Sebelumnya, Selasa (7/2/2012) malam, dilangsungkan resepsi pisah sambut pejabat lama dan baru di Restoran Diamond Solo. “Selama bertugas di beberapa daerah, hanya di Kota Solo ini kami merasakan kekompakan dari anggota maupun lapisan masyarakat. Pemerintah Kota Solo yang didukung oleh masyarakat bahu membahu membangun Kota Solo agar tercipta situasi aman dan nyaman. Solo yang pernah diguncang tragedi bom bunuh diri di GBIS Kepunton kembali pulih dalam waktu tak kurang dari satu pekan. Inilah pengalaman yang tidak pernah saya lupakan. Saya dan keluarga mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan selama bertugas,” tutur Listyo saat memberikan sambutan.

Selama bertugas di Kota Solo, Listyo kerap menyambangi beberapa kelurahan untuk bertemu langsung dengan tokoh masyarakat, tokoh agama serta membaur dengan masyarakat. Kesan selama Listyo menjabat Kapolresta Solo itulah terungkap dalam acara lepas kenal yang dikemukakan oleh tokoh agama, Helmi Ahmad Sakdillah. “Pernah suatu ketika sekitar pukul 02.00 WIB dini hari saya menelpon Pak Listyo. Saat itu Pak Listyo katanya lagi keliling untuk mengecek keamanan di beberapa kelurahan. Saya kaget juga, kapan Pak Kapolresta tidurnya,” ujar Helmi yang diikuti gelak tawa para tamu.

Hadir dalam acara lepas kenal yakni Walikota Solo, Joko Widodo beserta jajaran, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama serta para Kapolres se-Soloraya dan unsur-unsur masyarakat lainnya.

JIBI/SOLOPOS/Muhammad Khamdi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya