SOLOPOS.COM - Tim Basarnas Jambi yang hendak menuju lokasi kejadian kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Minggu (19/2/23).(ANTARA/Basarnas Jambi).

Solopos.com, JAMBI — Dua helikopter diterjunkan menuju lokasi jatuhnya helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono beserta rombongan di perbukitan Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023). Kapolda Jambi beserta tujuh orang lainnya dalam kondisi selamat, tetapi mengalami luka-luka.

Pantauan dari lapangan terbang Bandara Lama Jambi, kedua helikopter untuk evakuasi tersebut lepas landas sekitar pukul 17.00 WIB dari Bandara Sultan Thaha Jambi menuju ke lokasi kecelakaan.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

“Benar bantuan helikopter dari Polda Sumatera Selatan untuk membawa logistik dan juga obat-obatan,” kata Kabidhumas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Priyanto kepada wartawan, Minggu.

Sedangkan helikopter dari PT WKS diterbangkan untuk membawa bantuan personel gabungan.

Saat ini belum dapat memastikan kondisi pasti cedera yang dialami oleh Kapolda Jambi, namun yang pasti kondisi Kapolda dan seluruh penumpang dalam kondisi selamat. Mengenai kondisi Kapolda beserta rombongan akan disampaikan lagi.

Tim bantuan yang diterjunkan ini akan menempuh jalur darat dan jalur udara untuk melakukan evakuasi terhadap Kapolda Jambi bersama rombongan.

“Kalau cuaca bagus maka bisa lewat jalur udara, namun informasi terkini di tempat kejadian sedang turun hujan,” kata Mulya.

Sebelumnya, Kondisi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dilaporkan mengalami patah tangan kanan setelah helikopter yang ditumpangi jatuh dan mendarat darurat di perbukitan Kabupaten Kerinci.

Dari rekaman video yang beredar, terlihat kondisi helikopter rusak parah dan beberapa personel Polda Jambi berdarah di bagian wajah, termasuk Dirreskrimum Polda Jambi Kombes Pol. Andri Ananta Yudistira.

Informasi yang didapat, kronologis kejadian berawal Minggu 19 Februari 2023 pukul 09.25 WIB, Kapolda Jambi beserta rombongan terbang dari Kota Jambi menuju Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan kunjungan Kerja, Peresmian Kantor SPKT Polres Kerinci dan pengamanan Kunjungan Mantan Wapres RI Jusuf Kalla di Kerinci.

Pada Pukul 11.02 WIB Posko Polda Jambi mendapat laporan dari Kru Heli Bell 412 SP Reg. P-3001 mendarat darurat di titik Koordinat S20 9’ 3.53” E1010 42’ 12.63” tepatnya Desa Tamiai Kecamatan Batang Merangin Kabupaten Kerinci, dengan alasan belum diketahui.

Untuk kondisi penumpang saat ini dalam keadaan selamat dengan kondisi Kapolda Jambi alami patah tangan kanan dan untuk penumpang lain dalam keadaan selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya