SOLOPOS.COM - Tangkapan layar evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Selasa (21/2/2023) (ANTARA/Tuyani)

Solopos.com, JAMBI — Proses evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono sempat menimbulkan tanda tanya publik.

Pasalnya dalam video evakuasi yang beredar luas, tandu yang dipakai untuk mengangkut Kapolda Jambi dengan helikopter berputar cukup cepat.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Ternyata, evakuasi dengan cara tandu berputar itu sengaja dilakukan karena Kapolda Jambi mengalami cedera patah tulang punggung.

Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) TNI Angkatan Udara Marsda TNI Taspin Hasan menjelaskan tandu berputar ketika salah satu prajurit satuannya melakukan evakuasi Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono terjadi karena korban ditempatkan dengan posisi yang tidak ideal.

“Karena cedera yang dialami korban, tim memutuskan merebahkannya di drag bar dalam posisi yang tidak seimbang,” kata Taspin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (22/2/2023).

Dankopasgat mengatakan tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan memang memutuskan penempatan demikian setelah mendapati Kapolda Jambi mengalami patah tangan dan punggung sehingga diposisikan agak miring.

“Akan tetapi sudah diantisipasi dengan double safety perlengkapan yang kita gunakan, meskipun twist tapi tetap aman,” kata Taspin seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dankopasgat sempat menanyakan langsung kepada Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat Letkol Pas Muhammad Junaidi yang bertugas memimpin tim SAR TNI AU dalam tim gabungan evakuasi tersebut.

“Kopda Ahmad Novrizal, Komandan,” kata Taspin mengutip balasan pesan singkat Danyoko 462 Kopasgat.

Meski menimbulkan pertanyaan, adegan dalam video penyelamatan itu juga mengundang apresiasi dari warganet yang menilai prajurit Kopasgat yang bertugas di atas tandu berputar-putar itu tampak tenang dalam menjalankan tugas.

Bahkan apresiasi juga datang dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang mengacungi jempol atas keberanian Kopda Ahmad dalam melakukan tugasnya.

“Atas nama pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih,” kata Kapolri ketika menyambut langsung Kopda Ahmad dan tim SAR gabungan di Bandara Sultan Thaha Saifuddin, Jambi, Rabu.

Aksi Kopda Ahmad menandai tuntasnya proses evakuasi korban kecelakaan helikopter Kapolda Jambi di Bukit Tamia pada Selasa (21/2/2023) sore kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya