SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendaftaran CPNS 2023.(Solopos/Whisnupaksa).

Solopos.com, SOLO — Pendaftaran CPNS 2024 kembali menyedot perhatian masyarakat Indonesia karena disebut-sebut akan dibuka dalam waktu dekat. Lantas, kapan pendaftaran CPNS 2024 dibuka?

Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menyebut pemerintah akan membuka setidaknya 2,3 juta formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada periode 2024.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Formasi tersebut berlaku bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi CASN akan dilakukan sebanyak tiga periode yang akan dimulai dari Maret 2024 hingga dijadwalkan berakhir pada Agustus 2024 mendatang.

Sementara itu, dalam laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), beberapa saat yang lalu telah diselenggarakan rapat progres pengadaan ASN tahun 2024 sekaligus pemindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Melalui rapat tersebut, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas memberikan imbauan mengenai percepatan usulan kebutuhan ASN dan pengadaan CASN 2024 kepada KemenPANRB dan BKN. Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah agar kebutuhan ASN di IKN dapat terpenuhi.

Lantas kapan pendaftaran CPNS 2024 dibuka? Untuk mengetahui informasinya secara lebih terperinci, simak penjelasan berikut ini:

Jadwal CPNS 2024

Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi resmi mengenai jadwal CPNS 2024 yang diumumkan oleh pemerintah. Baik itu melalui KemenPANRB maupun BKN sebagai instansi yang erat kaitannya dengan pengadaan CASN.

Namun, berdasarkan informasi yang telah dipaparkan oleh pihak BKN, seleksi CASN 2024 yang merupakan pengadaan CPNS dan PPPK akan digelar dalam tiga periode sepanjang 2024.

Dikutip dari laman resmi BKN, berikut tiga periode seleksi CPNS 2024 yang dimaksud:

  • Periode I (pekan ke-3 Maret 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi seleksi CPNS serta seleksi Kedinasan
  • Periode II (Juni 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS serta PPPK
  • Periode III (Agustus 2024): Pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan pengadaan CASN 2024 yang bertujuan untuk mendukung efektivitas kerja di lingkup IKN Nusantara dengan membuka lapangan pekerjaan bagi para fresh graduate yang nantinya akan ditempatkan di IKN.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah memberi kesempatan kepada talenta-talenta muda terbaik bangsa, para fresh graduate, untuk mengabdi di IKN. Fresh graduate direkrut karena sudah cukup lama pemerintah memang tidak merekrut fresh graduate dalam skala yang cukup besar,” kata Menteri PANRB.

Namun, belum dijelaskan secara terrinci mengenai kapan jadwal rekrutmen CASN 2024 dimulai. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat perlu untuk bersabar terlebih dahulu sembari terus memantau informasi terbaru yang dibagikan oleh pihak KemenPANRB maupun BKN.

Syarat CPNS 2024

Lantas apa saja syarat CPNS 2024?
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa belum ada informasi resmi terkait rekrutmen CASN 2024. Ini menunjukkan hal-hal yang berkaitan dengan pengadaan CPNS 2024 dapat diketahui pada saat pemerintah telah resmi mengumumkannya nanti.

Namun, masyarakat yang ingin mengikuti syarat CPNS 2024 dapat mengacu pada syarat pendaftaran CPNS di tahun sebelumnya. Merujuk dari laman resmi SSCASN, berikut beberapa syarat CPNS yang berlaku pada 2023 lalu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki keinginan dan memenuhi syarat sesuai peraturan masing-masing instansi, baik dalam segi formasi maupun jabatan.
  • Batas usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
    Pada jabatan seperti dokter, dokter gigi, dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dosen, peneliti, maupun perekayasa, dapat mengikuti batas usia yang telah ditetapkan sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi yang masih berlaku.

Selain beberapa syarat yang telah dipaparkan di atas, ada syarat umum lainnya yang perlu untuk diperhatikan oleh pelamar CPNS. Masih merujuk dari sumber yang sama, berikut syarat-syarat yang dimaksud:

  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan secara tidak hormat sebagai PNS/Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Negara RI (POLRI).
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak sedang berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota POLRI.
  • Tidak menjadi anggota maupun pengurus partai politik (parpol) atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

Cara Daftar CNPS 2024

Selain syarat CPNS 2024 yang dapat mengacu pada pengadaan rekrutmen CASN tahun lalu, calon peserta juga dapat mengetahui gambaran cara daftar CPNS dengan merujuk dari hal yang sama. Dijelaskan dalam ‘Buku Pendaftaran CPNS’ yang diterbitkan oleh BKN, berikut cara daftar CPNS:

  • Buka laman resmi https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
  • Isi data diri secara lengkap dalam Pengecekan Identitas.
  • Masukkan kode CAPTCHA.
  • Pelamar akan diminta untuk kembali melengkapi data.
  • Pastikan untuk mengisi seluruh data secara lengkap dan benar.
  • Apabila sudah yakin, klik Lanjutkan.
  • Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun, akan ada notifikasi yang meminta pelamar untuk mengecek kembali terkait data yang diinput.
  • Jika data yang diinput sudah sesuai, pelamar dapat klik Iya.
  • Pendaftaran akun CASN sudah selesai.

Pelamar dapat mengunduh Kartu Informasi Akun yang berisikan informasi mengenai akun CASN pelamar. Akun CASN sudah selesai dibuat, sehingga pelamar dapat melakukan log in untuk mendaftarkan dirinya dalam rekrutmen CASN nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya