SOLOPOS.COM - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan (kedua kanan) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bersama pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (ketiga kiri) serta pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (ketiga kanan) dan Mahfud MD (kedua kiri) sebelum debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik yang diangkat adalah masalah pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/app/nz.

Solopos.com, JAKARTA — Masyarakat mulai menanti-nanti debat calon wakil presiden (cawapres) setelah debat perdana calon presiden (capres) berlangsung pada 12 Desember 2023 lalu. 

Debat capres perdana tersebut mampu membuat masyarakat melakukan penilaian terhadap siapa-siapa saja yang pantas dipilih saat Pemilu 2024. 

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Namun sebelum itu, gagasan dan pandangan pada cawapres juga harus menjadi pertimbangan. 

Warganet pun mulai tak sabar ingin segera menyaksikan debat yang akan dilakukan oleh Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD. 

Kapan debat cawapres perdana dilakukan? Debat capres-cawapres akan dilangsungkan sebanyak lima kali ini, mulai dari bulan Desember 2023 hingga Februari 2024.

Jadwal perdana untuk debat cawapres akan dilakukan pada Jumat, 22 Desember 2023. Debat ini bakal disiarkan secara langsung melalui stasiun TV yang bekerja sama yakni TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV. 

Kemudian tema debat cawapres pada Jumat (22/12/2023) akan membahas seputar Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi, Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Jadwal lengkap debat capres-cawapres 2024 

Debat Pertama: Selasa, 12 Desember 2023 

Debat Kedua: Jumat, 22 Desember 2023 

Debat Ketiga: Minggu, 7 Januari 2024 

Debat Keempat: Minggu, 14 Januari 2024 

Debat Kelima: Minggu, 4 Februari 2024 

Tema debat capres-cawapres 2024 

Tema debat pertama (Capres): Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga 

Tema debat kedua (Cawapres): Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan 

Tema debat ketiga (Capres): Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik 

Tema debat keempat (Cawapres): Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa 

Tema debat kelima (Capres): Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kapan Debat Cawapres Dilangsungkan? Ini Jadwal dan Tema yang Dibahas”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya