SOLOPOS.COM - Ilustrasi ucapan Ramadan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Kapan dan tanggal berapa puasa Ramadan 2024 banyak bikin penasaran publik, terutama umat Islam. Pasalnya, dalam dua bulan ke depan, umat muslim bakal menyambut bulan suci penuh berkah itu.

Biasanya, penetapan awal Ramadan 2024 akan diumumkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dalam sidang isbat. Biasanya, sidang tersebut diadakan mendekati pergantian bulan Hijriah.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Tak hanya untuk menentukan awal Ramadan, sidang isbat Kemenag tersebut juga diadakan untuk menentukan 1 Syawal atau Hari Raya Idulfitri maupun Hari Raya Iduladha setiap tahunnya.

Nah, kira-kira kapan dan tanggal berapa sih puasa Ramadan 2024?

Berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama (Kemenag), 1 Ramadan 2024 diprediksi jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Di kalender nasional, 12 Maret 2024 merupakan cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Sementara itu, untuk Hari Raya Idulfitri 2024 jatuh pada 10 dan 11 April 2024. Namun, untuk menetapkan 1 Ramadan 2024 dan Hari Raya Idulfitri perlu dilakukan pengamatan hilal atau rukyatul hilal. Sebagai informasi, hilal merupakan bulan sabit muda yang muncul saat memasuki bulan baru di arah Matahari terbenam.

Dalam kriteria baru per 2021, untuk menetapkan 1 Ramadan disepakai ketinggian hilal (bulan) 3 derajat dan elongasi 6,3 derajat. Setelah dilakukan pengamatan hilal, kapan puasa Ramadan 2023 dapat diputuskan oleh Kementerian Agama.

Nah, untuk mengetahui kapan dan tanggal berapa pastinya puasa Ramadan 2024, masyarakat bisa menunggu sidang isbat yang bakal diadakan oleh Kemenag. Meskipun begitu, belum ada jadwal resmi dari Kemenag kapan sidang isbat itu digelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya