SOLOPOS.COM - Ilustrasi Hari Raya Idulfitri. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memasuki 10 hari terakhir Ramadan, umat Islam bertanya-tanya kapan dan tanggal berapa Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2023?

Pemerintah sendiri belum menetapkan 1 Syawal 1444 H karena harus menunggu sidang isbat yang digelar Kementerian Agama, menurut info diadakan pada 20 April 2023.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Namun, Muhammadiyah telah memutuskan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Sementara itu, untuk Nahdlatul Ulama (NU) masih menunggu keputusan dari pemerintah.

Menurut Profesor Riset Astronomi-Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin tentang kapan dan tanggal berapa Lebaran 2023, menyebut kemungkinan besar pada tahun ini ada perbedaan Hari Raya Idulfitri.

Nah, posisi bulan pada saat maghrib 20 April yang masih rendah di ufuk barat menjadi sebab perbedaan karena kriterianya berbeda,” kata Thomas Djamaluddin, dilansir Bisnis.com.

Perlu diketahui, tedapat dua metode untuk mengetahui kapan dan tanggal berapa Lebaran 2023. Kriteria pertama, yaitu wujudul hilal di mana Bulan lebih lambat terbenam daripada Matahari, dan kedua, kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yang mana posisi hilal mencapai ketinggian tiga derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Nah, untuk mengetahui pastinya kapan dan tanggal berapa Lebaran 2023, umat muslim diminta menunggu sidang isbat Kementerian Agama pada 29 Ramadan atau 20 April 2023.

“Kepastiannya kita tunggu pengumuman Pemerintah setelah sidang isbat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya