SOLOPOS.COM - Ilustrasi (catalinawinemixer.wordpress.com)

Kapal MV Thorco Cloud yang tenggelam akibat tabrakan di Perairan Riau semalam membuat enam kru hilang.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak enam kru kapal MV Thorco Cloud yang tenggelam di perairan Pulau Sambu, Riau, masih dinyatakan hilang dan dinyatakan belum ditemukan hingga Kamis (17/12/2015). Kapal ini bertabrakan dengan kapal MT Stolt Commitment pada Rabu (16/12/2015) malam sekitar pukul 19.13 WIB.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Akibat tabrakan ini kapal MV Thorco Cloud tenggelam, sementara Kapal MT Stolt Commitment mengalami kebocoran dan masih terapung. Dirjen Perhubungan Laut, Bobby R Mamahit, menjelaskan MV Thorco Cloud membawa 12 awak kapal. Sebanyak enam orang berhasil diselamatkan oleh otoritas Singapura, MPA Singapore dan dibawa langsung ke rumah sakit di Negeri Jiran tersebut.

“Tabrakan antara kedua kapal ini diduga disebabkan oleh kesalahan dari navigasi,” ungkap Bobby dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Kamis (17/12/2015).

Dia menambahkan kapal MV Thorco Cloud memotong alur pemisah lalu lintas ke alur jalur barat sehingga bertabrakan dengan MT Stolt Commitment yang berlayar dari Singapore menuju Kao Shiung, Taiwan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menurunkan empat kapal negara. Selain itu, kapal Sarotama diturunkan untuk melakukan penjaringan tumpahan minyak mengingat MT Stolt Commitment membawa 560 metric ton bahan bakar itu. Sementara itu, kapal Alugara dan Rantos dikerahkan untuk mencari korban hilang. Selain kapal milik Kemenhub, Badan SAR, TNI AL dan MPA Singapore juga turut mengerahkan kapal-kapalnya untuk terus mencari korban hilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya