SOLOPOS.COM - SU-33 -- Sebuah pesawat tempur Su-33 yang merupakan varian tempur maritim dari Su-27 terlihat di atas geladak kapal induk Rusia, <em>Admiral Kuznetzov</em>. Kemungkinan pesawat seperti ini juga yang bakal dipangkalkan di kapal induk anyar China. (globalsecurity.org)

Beijing (Solopos.com) – Kapal induk pertama China mulai diuji coba di laut, seperti diungkapkan Kementerian Pertahanan China, Rabu (10/8/2011). “Menurut rencana percobaan di laut pertama itu tidak akan berlangsung lama,” sebut pernyataan resmi Kementerian Pertahanan. “Setelah kembali ke galangan, kapal induk itu akan terus diperlengkapi lagi dan diuji,” imbuh pernyataan itu.

UJI COBA -- Kapal induk China yang masih berada di galangan kapal di Pelabuhan Dalian, Provinsi Liaoning, China utara, terlihat dalam foto yang diambil dari rekaman video bulan Juli lalu. (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kepemilikan kapal induk yang bisa membawa pesawat-pesawat tempur jenis Su-33, yaitu versi maritim dari jet tempur Su-27 yang juga dimiliki TNI AU, telah memicu kekhawatiran soal perlombaan senjata di Asia dan berubahnya pola keseimbangan militer dan politik di Asia. Pemerintah China belum lama ini berusaha meredam kegelisahan itu dengan menyebut kapal induk ini akan digunakan untuk pelatihan dan “riset”.

Kapal induk China ini tadinya adalah kapal induk Uni Soviet, Varyag, yang batal dioperasikan setelah Uni Soviet runtuh dan mengalami kebangkrutan. Kapal ini sempat terkatung-katung di galangannya sebelum akhirnya dibeli sebuah perusahaan China yang mengklaim bakal mengubahnya sebagai kapal rekreasi judi. Kapal itu lantas ditarik ke China. Namun dalam perkembangannya, kapal itu lantas dibangun kembali sebagai kapal induk di galangan kapal Dalian. Kabarnya, kapal ini selanjutnya bakal dinamai Shi Lang, sesuai nama seorang panglima angkatan laut Keaisaran China zaman dulu.

SU-33 -- Sebuah pesawat tempur Su-33 yang merupakan varian tempur maritim dari Su-27 terlihat di atas geladak kapal induk Rusia, Admiral Kuznetzov. Kemungkinan pesawat seperti ini juga yang bakal dipangkalkan di kapal induk anyar China. (globalsecurity.org)


JIBI/SOLOPOS/Ant/bas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya