SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kinshasa–Kecelakaan transportasi air terjadi di sungai Kasai, Konggo. Sebuah kapal ferry bermuatan penuh penumpang terbalik. 140 orang tewas tenggelam.

Sungai Kasai terletak di Provinsi Bandundu. Pejabat setempat mengkonfirmasi tentang adanya musibah tersebut berikut jumlah korban.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Namun, Menteri Komunikasi Kongo Lambert Mende mengatakan, sementara laporan yang diterimanya menyebut 80 penumpang tewas. Korban kemungkinan bertambah karena evakuasi terus berlangsung.

“Ada beberapa penumpang gelap di kapal itu. Mereka terjatuh ke dalam air dan tim penyelamat masih berusaha menemukan korban,” kata dia seperti dikutip AFP, Jumat (30/7).

Sesuai dengan manifes, kapal itu membawa sekitar 180 penumpang. Namun, pendudu Kongo terbiasa bepergian secara sembunyi-sembunyi.

Transportasi sungai banyak digunakan di Kongo. Negara bebentuk republik ini dilintasi sungai sepanjang 4.700 kilometer (2.915 mil). Sungai tersebut membelah tujuh dari 11 provinsi.

Ramainya jalur transportasi air membuat korban terbesar akibat kecelakaan terjadi di sungai. Pada bulan November 2009 lalu, setidaknya 73 orang tewas ketika dua kapal tongkang tenggelam di Mai-Ndombe, Bandundu. Sebulan sebelumnya, lebih dari 250 orang tewas dalam tiga kecelakaan kapal.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya