SOLOPOS.COM - PAMERKAN ESEMKA -- Walikota Solo, Joko Widodo, menunjukkan mobil Esemka kepada sejumlah awak media di Jakarta. Esemka akan menjalani uji emisi Senin esok di Serpong, Tangerang, Banten. (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

PAMERKAN ESEMKA -- Walikota Solo, Joko Widodo, menunjukkan mobil Esemka kepada sejumlah awak media di Jakarta. Esemka akan menjalani uji emisi Senin esok di Serpong, Tangerang, Banten. (JIBI/Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat)

JAKARTA – Kegiatan rombongan mobil Esemka masih padat hari Minggu (26/2/2012) ini dengan agenda kunjungan ke sejumlah media massa nasional. Kunjungan hari ini adalah ke kantor pusat Kompas Gramedia dan dilanjutkan dengan mengunjungi kantor Detikcom.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Sekitar pukul 10.30 WIB, Rudy yang tidak terlihat sepanjang Sabtu kemarin, muncul dan langsung mengecek Esemka di halaman kompleks apartemen Casablanca. Rudy sendiri yang mengecek mesin dan mengisi air radiator. “Yang namanya driver kan harus selalu mengecek mesin,” kata Rudy sambil tersenyum.

Sekitar pukul 10.30 WIB, mobil Esemka yang dikemudikan sendiri oleh Rudy mulai berangkat dari kompleks apartemen disusul rombongan kendaraan lain. Jokowi sendiri tidak berada di dalam mobil Esemka. Bersama istri, dia memilih berada di dalam bus yang biasa dipakai untuk mengangkut para wartawan. Tepat pukul 11.17 WIB, rombongan tiba di Kompas Gramedia. Mereka disambut oleh wartawan setempat dan pimpinan Warta Kota.

Ini adalah untuk kali pertama duet Jokowi-Rudy berada dalam satu rombongan selama roadshow ini. “Kalau kemarin kan protap tidak boleh pergi semua, tapi kalau sekarang kan hari libur,” kata Rudy.

Uji emisi mobil Esemka di BMTP Serpong, Tangerang dipastikan akan dilakukan pada Senin (27/2) mulai pukul 09.00 WIB.
Ada tiga prototype Esemka saat ini, yaitu tipe SUV, double kabin dan minitruk. Masing-masing sudah ada empat unit. Namun yang diuji emisi baru satu tipe karena seluruh tipe memakai mesin yang sama.

“Besok pukul 09.00 WIB dimulai,” ujar Kepala SMK 2 Solo, Susanta yang ikut dalam rombongan. Tentang lamanya proses pengujian, Susanta tidak memberi keterangan lebih lanjut. “Kita ikuti saja proses yang berlaku,” ujarnya. Namun menurut Susanta, para teknisi yang berasal dari SMK 2 Solo dan SMK Warga akan mengurus persiapan uji tersebut.

Selain itu ada pula tim dari PT Solo Manufaktur yang ikut mendampingi. Menurut Wawali Solo, FX Hadi Rudyatmo, besok tim roadshow akan menunggui proses uji emisi sampai selesai. “Besok kita akan tunggui prosesnya, kalau bisa selesai besok kita langsung pulang ke Solo,” kata Rudy.

Sementara itu Jokowi-Rudy kembali meyakinkan masa depan Esemka di depan jajaran redaksi Warta Kota. Seperti biasa, banyak muncul pertanyaan tentang bisa tidaknya Esemka diproduksi massal. “Memang ada yang ragu bahwa ini adalah mobil buatan anak-anak. Tapi yang bikin ini bukan hanya siswa SMK, tapi kita punya ahli mesin, ahli elektro dan lain-lain,” kata Rudy. Jika izin sudah turun, tim ahli segera membuat gambar dan mengirimkannya ke Cikarang. “Tapi kita butuh waktu empat bulan untuk produksi pertama,” kata Jokowi.

JIBI/SOLOPOS/Adib Muttaqin Asfar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya