SOLOPOS.COM - Petugas Apron Movement Control (AMC) Bandara Sultan Thaha Jambi mengecek kondisi pesawat Susi Air jenis Caravan C.208B yang diparkir di landasan yang diselimuti kabut asap di Jambi, Kamis (3/9/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Wahdi Septiawan)

Kabut asap Sumatra dan Kalimantan kembali mengganggu puluhan penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Solopos.com, PEKANBARU — Aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru kembali terganggu akibat kabut asap yang menyelimuti udara di Ibu Kota Provinsi Riau itu.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Hasnan, mengatakan dari pagi sampai tengah hari ini baru dua penerbangan yang berhasil meninggalkan bandara tersebut.

“Dari pagi tadi ada dua pesawat berhasil terbang yaitu Lion Air dan Garuda Indonesia tujuan Jakarta karena dua pesawat itu menginap dari tadi malam, jarak pandang juga lumayan tadi masih 1.000 meter,” katanya kepada Bisnis, Sabtu (26/9/2015).

Selain dua penerbangan itu, belum ada pesawat lain yang berhasil terbang maupun mendarat di bandara Pekanbaru sehingga ada total 12 jadwal penerbangan yang telah batal. Sementara itu, bila dihitung dari malam kemarin, sebanyak 18 penerbangan juga telah membatalkan jadwal kedatangannya, total pembatalan jadwal penerbangan sampai saat ini mencapai 30 penerbangan.

Pihaknya memerkirakan jumlah jadwal penerbangan yang batal ke Pekanbaru akan terus bertambah, mengingat hingga saat ini jarak pandang di bandara dan sekitarnya hanya sejauh 600 meter. “Banyak yang memilih menunda penerbangan dan reschedule, ada juga yang batal seperti Citilink dan Susi Air,” katanya.

Adapun Bandara SSK II Pekanbaru saat ini memiliki total 68 jadwal penerbangan dengan rute domestik dan internasional. Akibat bencana kabut asap, hampir sebagian besar penerbangan harus dibatalkan dan penumpang terpaksa mengalihkan jadwal ke bandara terdekat seperti Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang, Sumatra Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya