SOLOPOS.COM - Warga menggunakan payung ketika hujan deras di salah satu pusat perbelanjaan di Pekanbaru, Riau, Selasa (27/10/2015) malam. Warga berharap dengan turunnya hujan di Kota Pekanbaru, kebakaran lahan dan hutan dapat padam sehingga kabut asap yang menyelimuti Pekanbaru dan sekitarnya segera berakhir. (JIBI/Solopos/Antara/Rony Muharrman)

Kabut asap mulai menghilang di Sumatra Barat setelah diguyur hujan dua hari terakhir.

Solopos.com, PADANG — Kualitas udara di Sumatra Barat (Sumbar) mulai membaik setelah hujan lebat mengguyur daerah itu sejak dua hari terakhir.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) Koto Tabang mencatat PM10 dari pagi hingga siang tercatat di bawah 50 mg dengan kategori indeks standar pencemaran udara (ISPU) berada dalam kategori baik. PM10 dari pagi hingga siang ini di bawah 50 mg, dengan kategori ISPU baik.

Data BMKG juga ada potensi hujan sore ini, ujar Albert Nahas, bagian Observasi, Data dan Analisis Stasiun GAW Koto Tabang, Sabtu (31/10/2015). Menurutnya, angin masih berembus dari tenggara Sumbar yang membawa partikel hujan, yakni Jambi dan Sumatra Selatan yang juga diguyur hujan selama tiga hari terakhir.

Hujan di Sumbar berdampak pada berkurangnya kabut asap sehingga meningkatkan kualitas udara. “Potensi hujan masih meningkat di Sumbar, ini baik. Karena dua tiga hari belakanga ISPU sudah mengalami tren penurunan,” kata Albert.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang memprediksi hujan turun di sebagian besar wilayah Sumbar sejak pukul 13.30 WIB hari ini. Hujan sedang lebat disertai petir dan kilat berpotensi terjadi di wilayah Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Limapuluh Kota, dan Kepulauan Mentawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya