SOLOPOS.COM - Ilustrasi Traktor (Dok/JIBI/Solopos)

Kabinet kerja Jokowi-JK kembali disorot usai menarik kembali traktor yang diberikan ke petani Ponorogo.

Solopos.com, PONOROGO – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Harmanto mengatakan ratusan traktor yang dibagikan Presiden Jokowi di Ponorogo ditarik lagi. Ternyata kegiatan itu hanya seremoni.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Meski begitu Harmanto membantah Jokowi batal memberikan traktor tersebut. “Bukan tidak dibagikan, tapi belum,” terang Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo Harmanto seperti dikutip Solopos.com dari Detik, Selasa (17/3/2015).

Harmanto mengatakan saat ini ratusan traktor tersebut disimpan kembali ke gudang pabrik. Menurut dia, pembagian traktor ke kelompok petani masih menunggu mekanisme yang berlaku sesuai aturan yang ada. Karena Dinas Pertanian Ponorogo belum mendapat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan petunjuk operasional dari kementerian pertanian.

Setelah DIPA turun, maka baru bisa pembagian traktor dari Kementerian Pertanian itu disalurkan ke kelompok tani.

“Tidak hanya Ponorogo, seluruh Jawa Timur dapat traktor kok,” tegas dia.

Harmanto kembali menegaskan bahwa tidak benar jika ada ratusan traktor itu sengaja tidak dibagikan ke kelompok petani oleh Presiden Jokowi.  “Itu hanya display saja. Bukan tidak dibagikan, tapi belum,” terangnya.

Harmanto sendiri belum mengetahui jumlah traktor yang akan dibagi untuk kelompok tani di Ponorogo. “Belum tahu. Yang pasti ada skala prioritas saat isi DIPA nanti,” pungkasnya.

Jokowi membagikan traktor dalam panen beras di Desa Jetis, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (6/3/2015) lalu. Namun usai kunjungan, traktor diangkut dengan truk lagi. Petani kecewa karena mengira alat pertanian tersebut bisa langsung dimiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya