SOLOPOS.COM - Andi Widjajanto (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Kabinet Jokowi-JK kembali diiringi tudingan tak sedap dari politikus PDIP, Effendi Simbolon.

Solopos.com, JAKARTA — Politikus PDIP, Effendi Simbolon, menuding masih banyak lagi “macan-macan” di Istana selain Rini Soemarno dan Andi Widjajanto. Baca: Kader PDIP Tuding Ada Penghalang Istana-Partai.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

“Masih banyak lagi. Rini [Soemarno] dan Andi [Widjajanto] itu hanya sebagian kecil. Maaf, tapi saya enggak bisa sebut lagi. Tapi yang harus diketahui, politik nasional itu menyeramkan. Mereka itu yang nyetir Jokowi,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Jumat (13/2/2015).

Jadi, menurutnya, tidak benar bahwa Megawati Soekarnoputri yang kerap memberikan pengaruh pada Jokowi. “Asal tahu saja, saya kerap berbincang dengan Mega. Jika ingin ketemu Jokowi, Mega pun menyebut ingin bertemu Presiden. Bukan Pak Jokowi.”

Dalam hal ini, lanjutnya, Jokowi memang petugas partai. Tapi setelah dilantik sebagai Presiden Jokowi belum menjalankan kebijakannya sesuai dengan Nawa Cita. “Tapi lebih ke paham liberal. Ya karena pembisik-pembisik yang liberal itu.”

Sejalan dengan pernyataan itu, Effendi Simbolon juga tidak menampik adanya perselisihan antara Presiden Jokowi dan PDIP. “Hubungan secara pribadi baik, tapi kalau ideologi bisa tidak baik. PDIP dengan ideologinya, Jokowi belum sepenuhnya menjalankan,” katanya.

Hal senada diungkap Hamka Haq, politikus sekaligus ketua ormas sayap PDIP lainnya. “Jokowi sudah berusaha melepas baju merahnya setelh dilantik. Kebijakan tidak sesuai dengan konstitusi dan ideologi partai, yaitu Nawa Cita,” katanya.

Sementara itu, Pramono Anung juga menyiratkan pendapat serupa. Pertemuan Jokowi dengan Puan Maharani, anak Megawati, memang berlangsung hangat dan penuh keakraban. “Cuacanya dingin, tapi suguhannya panas.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya