SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin Rapat Terbatas Kabinet di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2015). Ratas tersebut membahas perkembangan fluktuasi harga beras dan kurs rupiah. Presiden menyatakan kekecewaan kepada para pembantunya karena tidak ada satu laporan kepadanya pascaoperasi pasar dan penyaluran beras raskin tiga pekan lalu. (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Kabinet Jokowi-JK diiringi tingkat kepuasan yang rendah pada menteri-menteri bidang perekonomian.

Solopos.com, JAKARTA — Kinerja menteri-menteri bidang perekonomian selama setahun masa pemerintahan Kabinet Kerja Jokowi-JK tak sanggup memuaskan mayoritas publik.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Berdasarkan hasil survei nasional Indo Barometer, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri Kabinet Kerja secara umum hanya 7,1%, sementara yang tidak puas mencapai 46,7%. Jika dibandingkan survei 6 bulan sebelumnya, persentase kepuasan menurun 9,7% dari 46,8%.

Tingkat kepuasan publik terendah mengarah pada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution 15% dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong 15,9%. “Tingkat kepuasan publik yang tertinggi ialah pada Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti yakni mencapai 71,9%,”sebut Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, Kamis (8/10/2015).

Disusul Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan 54,2%, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa 47,8%, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin 44%, Menteri Kesehatan Nila Moeloek 37,8%, dan Menteri Kemaritiman Rizal Ramli 37,7%.

Menurut M. Qodari, terlepas dari kontrovesi yang sering dihadirkan, kinerja Rizal Ramli mendapat reaksi positif dari masyarakat. “Ternyata jurus kepret [Rajawali ngepret] bisa melontarkan Rizal Ramli jadi menteri yang populer,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya