SOLOPOS.COM - Abdul Munir Mulkhan (Istimewa/www.umm.ac.id)

Solopos.com, JAKARTA — Bursa menteri pada kabinet Jokowi-JK mulai memunculkan nama-nama kandidat. Nama tokoh Muhammadiyah, Abdul Munir Mulkhan, digadang-gadang menjadi calon kuat menteri pendidikan.

Lembaga riset dan konsultasi Indo Strategi menilai posisi tertinggi dalam gabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemendikbudpora) cocok dipegang oleh Abdul Munir Mulkhan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Direktur Eksekutif Indo Strategi, Andar Nubowo, mengatakan posisi Mendikbudpora mesti diisi oleh intelektual profesional yang punya kekuatan manajerial dan dukungan politik ormas. Selain itu nama menteri tersebut harus memiliki pengalaman mengurusi bidang pendidikan dan memiliki komunikasi dengan jaringan internasional.

“Yang lebih penting, sosok yang berhak menempati pos ini haruslah orang yang belum pernah terlibat atau bersentuhan dengan persoalan korupsi,” ujar Andar Nubowo dalam diskusi di FX Senayan, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Menurut Andar, Abdul Munir Mulkhan pantas menduduki jabatan Mendikbudpora karena memiliki kapasitas di bidang tersebut. Abdul Munir, lanjutnya, adalah intelektual muslim yang telah melahirkan puluhan karya yang konsisten di bidang pendidikan.

“Abdul Munir juga memiliki dukungan dari Muhammadiyah yang punya ribuan lembaga pendidikan dari tingkat TK hingga perguruan tinggi,” ungkap Andar.

Secara pragmatis, lanjut Andar, Abdul Munir Mulkhan juga punya kedekatan emosional dengan Jokowi-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) karena pada musim kampanye lalu menjadi relawan yang terjun langsung ke lapangan.

Dr. Abdul Munir Mulkhan dilahirkan di Jember 1946. Di dunia pendidikan tinggi, dia menjadi Ketua Program Studi Agama dan Filsafat Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Dia juga merupakan salah satu tokoh Muhammadiyah dan pernah menjadi Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2000-2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya