SOLOPOS.COM - Juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal. (Bisnis.com-Nancy Junita)

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) membantah informasi terkait adanya kapal Israel yang berlabuh ke sejumlah pelabuhan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal, kepada awak media di Jakarta, Kamis (4/1/2023).

Lalu menyatakan hingga saat ini tidak pernah ada kapal Israel yang masuk ke wilayah Indonesia. “Sampai saat ini tidak pernah ada kapal berbendera Israel yang masuk ke wilayah Indonesia,” ujarnya.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa yang sejauh ini yang dilihat adalah benderanya dan bendera Israel tidak terlihat di Indonesia. “Tapi bahwa kalau pemilik kapal orang Israel, kami tidak tahu. Karena rezim yang kami anut adalah rezim bendera, jadi kami lihat benderanya,” ujarnya.

Dia mengatakan kalau soal kapal yang dimiliki oleh orang Israel, susah untuk mendeteksi sampai ke pemiliknya. “Tapi yang jelas tidak pernah ada kapal berbendera Israel yang berlabuh atau masuk ke Indonesia. Kita akan konsisten dengan posisi itu ke depannya,” lanjutnya.

Seperti diketahui, beredar isu kapal dagang milik Israel akan berlabuh di Indonesia. Kabar itu disampaikan pegiat media sosial Erlangga Greschinov di akun Instagram @greschinov.

Bahkan, Erlangga Greschinov mengirim surat terbuka kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi bahwa kapal milik Israel ZIM Marine diduga akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Mas, dan Belawan.

Adapun ZIM Trade merupakan penyedia jasa logistik perdagangan milik Israel, yang memiliki layanan pelayaran ke Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kemlu Bantah Ada Kapal Israel Berlabuh di Indonesia”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya