SOLOPOS.COM - Husni Kamil Malik. (JIBI/Detik)

Kabar duka datang dari Ketua KPU Husni Kamil Malik wafat Kamis (7/7/2016) malam.

Solopos.com, JAKARTA – Kabar duka datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat. Ketua KPU Pusat Husni Kamil Manik meninggal dunia di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta Selatan, Kamis (7/7/2016) pukul 21.07 WIB.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Ketua KPU meninggal, sekarang masih di RSPP,” kata Komisioner KPU Ferry Kurnia saat dikutip Solopos.com dari Detik, Kamis (7/7/2016) malam.

Jenazah saat ini masih berada di RSPP bersama keluarganya. Husni rencananya akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, siang ini.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, Husni sempat mengeluh sakit sebelum menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP). Menurut Hadar, saat kerja beberapa waktu lalu, Husni sering menyampaikan keluhan sakit itu.

“Tidak ada yang terlalu serius. Tapi memang akhir-akhir bulan puasa ada beberapa keluhan. Saat menjalankan kerja pun beliau sering permohonan izin,” kata Hadar di rumah duka, Jalan Siaga Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dikutip Solopos.com dari Okezone Jumat (8/7/2016) dini hari.

Selain itu, Hadar menceritakan, saat pihaknya menggelar rapat, almarhum juga beberapa kali meminta izin untuk pulang lebih awal karena kurang enak badan. “Maaf teman-teman rapatnya telat karena saya mau ke rumah sakit atau kurang enak badan,” uajrnya

Menurut Hadar, kabar menurunnya kondisi Husni sudah diketahuinya sejak siang tadi. Namun, lantaran pihak keluarga belum siap untuk mempublikasikannya sehingga tidak dikaabarkan kepada awak media.

“Kemarjn masuk RS didekat sini tapi dirujuk ke RSPP. Sebenarnya tadi saya dapat kabar lagi sekira 11.00 WIB. Tapi pihak keluarga belum mau menyebarkan hal tersebut,” tukas dia.

Menurut penuturan orang terdekatnya, Husni selama ini dikenal sehat, namun sempat mengeluh sesak napas sebelum meninggal.

Hal ini diceritakan salah satu kolega Husni, politikus PAN Viva Yoga Mauladi. Saat berbincang lewat telepon untuk bertukar ucapan selamat Lebaran, Husni mengaku hendak ke rumah sakit.

“Mengucapkan selamat Lebaran. Terus katanya mau ke rumah sakit. Cek kesehatan karena ada sesak nafas,” kata Viva saat berbincang, Kamis (7/7/2016).

Viva tak curiga atau khawatir soal keadaan Husni. Dia terakhir bertemu mantan Ketua KPU Sumbar itu saat acara buka puasa beberapa hari lalu.

“Kita juga diskusi soal pilkada serentak 2017,” ucap Ketua Bapillu PAN ini.

Husni dikenal sebagai sosok yang berintegritas. Viva pun masih teringat bagaimana Husni tetap berintegritas dalam pekerjaannya.

He is a good man. Memiliki integritas dan kapasitas dalam pekerjaannya. Bertindak obyektif dan dialogis,” ujar Viva.

Husni Kamil Manik berpulang dalam usia jelang 41 tahun di Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP), Jakarta Selatan, sekitar pukul 21.00 WIB tadi. Jenazah almarhum sudah disemayamkan di rumah duka di Jalan Siaga Raya No 23 A, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya