SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Kereta Rel Diesel Indonesia (KRDI) Banyubiru rencananya diberlakukan rute baru dan berganti nama menjadi KRDI Banyubiru Joglosemar.
Sebelumnya, rute KA Banyubiru dari Semarang (Poncol)-Sragen menjadi Semarang (Tawang)-Yogyakarta per 1 Maret 2010.

“Rencana pemberlakukan rute baru dilakukan dengan harapan meramaikan stasiun Tawang. Mengingat, Stasiun Poncol sudah diramaikan beberapa KA, seperti Kaligung, Blora Jaya dan Pandanwangi,” urai Kepala Humas Daop IV, Semarang, Sapto Hartoyo, saat dihubungi Espos, Rabu (10/2).

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Utamanya, lanjut Sapto, hal itu dilakukan demi meningkatkan load factor KA Banyubiru yang hanya berkisar 30% sejak diluncurkan September 2008.
“Demi meningkatkan pendapatan maka rute dilanjutkan hingga Yogyakarta. Lagipula, market Solo-Yogyakarta cukup bagus. Meskipun, sudah ada KA Prameks. Sehingga, diharapkan load factor meningkat menjadi sekitar 60%,” tuturnya.

Saat ditanya rencana jadwal pemberangkatan KA Banyubiru Joglosemar, Sapto mengungkapkan jadwal pemberangkatan diharapkan tidak mengganggu KA Prameks.

Jadwal pemberangkatan, kata Sapto, akan diletakkan di sela-sela jadwal KA Prameks. Nantinya, PT KAI akan melakukan pembahasan grafik perjalanan kereta api (GPK) per 1 Maret.

KA Banyubiru Joglosemar direncanakan berangkat dari Semarang sekitar pukul 05.00 WIB dan sampai Yogyakarta sekitar pukul 08.11 WIB. KA tersebut, urai Sapto, akan diberangkatkan empat kali baik dari Semarang maupun Yogyakarta.

m88

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya