SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Kupang (Solopos.com) – Duta Pulau Komodo, Jusuf Kalla (JK), menerima langsung sertifikat yang menyatakan Pulau Komodo sebagai salah satu finalis Tujuh Keajaiban Baru Dunia (New Seven Wonders/N7W) untuk kategori alam yang diserahkan Direktur N7W Benard Weber di Pulau Komodo, NTT, Rabu (26/10/2011).

“Di hadapan Komodo ini saya terima sertifikat ini,” kata mantan wakil presiden ini.

JK bersama rombongan mengunjungi Pulau Komodo sebagai bagian dari kampanye “Vote Komodo 9818” agar terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Lebih lanjut JK menjelaskan bahwa pemilihan N7W dimulai sejak tahun 2007. Pada saat itu terdapat 443 lokasi yang mendaftar dari 270 negara. Untuk Indonesia, tambah JK mengajukan tiga lokasi yakni Anak Krakatau, Kawasan Pulau Toba dan Pulau Komodo.

“Setelah diseleksi oleh tim dari 443 tersebut menjadi 70. Kemudian disurvei oleh para ahli dunia menjadi 28 saja. Dan Pulau Komodo ikut masuk,” papar JK. Untuk pemilihan akhir sebagai pemenang akan dilakukan melalui pemilihan langsung masyarakat via sms, e-mail maupun internet. “Karena itu, kirimkan sms sebanyak-banyaknya, ketik KOMODO kirim ke 9818,” ujar JK.

Ia menjelaskan jika Pulau Komodo bisa menangkan N7W maka dampak ekonomi bagi NTT, khususnya Kabupaten Manggarai Barat akan besar. “Setidaknya bisa mendatangkan turis hingga 20 kali dari yang ada sekarang,” tuturnya, berharap.

Sementara Direktur N7W Bennard Weber mengaku sangat kagum dengan Pulau Komodo dan Komodo-nya. “Sungguh fantastik,” kata Weber. Weber juga berharap Pulau Komodo bisa menjadi salah satu pemenang N7W. Sementara menurut keterangan kepala Balai Taman Nasional Komodo Sustyo, saat ini populasi Komodo di pulau ini tinggal sekitar 1.200 ekor dengan perbandingan tiga jantan, satu betina. “Untuk kunjungan wisatawan asing setiap tahunnya meningkat. Tahun 2010 mencapai 41.707 orang. Dan tahun ini hingga September mencapai 32.354 orang dan bisa mencapai 50 ribu akhir tahun nanti,” kata Sustyo.

Dari data yang ada wisatawan asing terdiri atas 102 negara dengan rincian yang terbanyak Australia, AS Inggris, Belanda, Jerman Prancis, Indonesia, Italia, Jepang, Rusia.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya