SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Tim kesehatan panitia otoritas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan memeriksa kesehatan juru masak untuk muktamirin selama Muktamar ke-46 atau Satu Abad Muhammadiyah di Sportorium UMY pada 3-8 Juli 2010.

“Pemeriksaan itu untuk memastikan juru memasak tersebut sehat dan bebas dari penyakit, seperti batuk, pilek, cacingan, dan hepatitis, bahkan bukan orang yang berjerawat,” kata Koordinator Tim Keamanan Makanan Otoritas Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dr Iman Perman MKes di Yogyakarta, Jumat (2/7).

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Ia menjelaskan, persyaratan tidak berjerawat karena jerawat sering membuat gatal dan secara tidak sengaja orang akan menggaruknya. Jika digaruk bakteri jerawat bisa masuk ke dalam kuku dan dapat menyebarkan penyakit ketika tangan tersebut memegang makanan.

“Pada saat penyajian juga akan diperiksa alat-alat yang digunakan untuk menyajikan makanan. Misalnya, tidak boleh menggunakan piring retak. Jika ada piring retak dikhawatirkan bekas makanan dapat menempel di bagian retakan piring tersebut. Jika tidak bersih mencuci bagian retakan tersebut berpotensi ditempati bakteri,” katanya.

“Sebelum proses penyajian, tim akan memeriksa atau mencicipi makanan yang sudah matang. Hal itu dilakukan untuk memastikan makanan tidak basi yang bisa saja menimbulkan keracunan,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya