SOLOPOS.COM - ilustrasi

Wartawan ilustrasi

BOGOR—Banyak orang dengan masalah gangguan jiwa di Indonesia tidak mendapat perlakuan yang baik. Para jurnalis dianggap dapat membantu mereka dengan pemberitaan yang tepat.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Yeni Rosa Damayanti, Ketua Perhimpunan Jiwa Sehat Indonesia mengatakan, jurnalis memiliki peran penting membantu hak-hak orang dengan masalah kesehatan jiwa.

“Media bisa menyentuh kebijakan terkait perawatan penderita gangguan jiwa. Juga mendorong perubahan kebijakan itu,” ujar Yeni, dalam Workshop Peningkatan Peran Jurnalis Peduli Kesehatan Jiwa, di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/4).

Yeni menambahkan, jurnalis juga menempati posisi penting dalam mendidik masyarakat untuk menangani orang dengan gangguan jiwa.

“Orang dengan gangguan jiwa banyak yang dilekati stigma atau mitos keliru. Seperti misalnya dianggap asal tidak mengganggu, lalu dibiarkan. Padahal dengan pengetahuan yang baik dan masyarakat bisa membantu dengan dukungan sosial, mereka bisa sembuh,” kata Yeni.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya