SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo berdiri di samping Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (13/9/2023). (Antara/Akbar Nugroho Guma)

Solopos.com, JAKARTA — Uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa dinikmati oleh masyarakat umum mulai Jumat (15/9/2023) besok.

Uji coba KCJB untuk masyarakat umum berlangsung selama 15 hari, 15-30 September 2023.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

“Ya ini, besok (Jumat 15 September) sudah mulai (uji coba KCJB),” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2023).

Budi mengatakan pendaftaran uji coba KCJB untuk masyarakat umum sudah dibuka.

Namun dia belum menjelaskan lebih rinci mengenai mekanisme pendaftaran uji coba KCJB untuk masyarakat umum.

“Sudah, sudah jalan (pendaftaran uji coba KCJB),” tutur Budi, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

KCJB dijadwalkan akan diresmikan dan mulai beroperasi melayani penumpang pada 1 Oktober 2023

Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober.

Lalu pada November bertambah menjadi 28 perjalanan kereta, pada Desember terdapat 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.

KCJB merupakan layanan KA Cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang akan beroperasi dengan kecepatan hingga 350 kilometer per jam.

Dengan kecepatan tersebut, waktu tempuh dari Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju Halim 44 menit.

KCJB memiliki jalur sepanjang 142,3 km, dengan 13 terowongan dan akan melayani empat stasiun yaitu Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Untuk meningkatkan konektivitas, KCJB akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, shuttle, dan taksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya