SOLOPOS.COM - Didik J Rachbini (JIBI/SOLOPOS/detikcom)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat ekonomi yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Didik J. Rachbini, menilai pemerintah Jokowi perlu mempersiapkan diri menghadapi beberapa masalah ekonomi.

Didik J. Rachbini mengatakan masalah pertama adalah terkait pertumbuhan ekonomi yang terus turun dari pertumbuhan ekonomi yang tinggi, menjadi moderat. Menurutnya, jika tidak diambil langkah yang serius, Indonesia akan tergelincir pada pertumbuhan rendah.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Akibat dari pertumbuhan rendah ini akan terlihat pada masalah kemiskinan dan pengangguran,” ujarnya dalam diskusi di Wisma Intra Asia, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Masalah kedua, lanjutnya, adalah masalah fiskal yang rapuh dan keropos. Menurutnya persoalan ini memang dibiarkan tanpa sentuhan kebijakan ekonomi politik karena hambatan politik dan sengaja tidak mengambil tindakan kebijakan karena tidak mau ada risiko politik.

“Ketiga, instrumen kebijakan yang langsung bisa dipakai pemerintah adalah fiskal, tetapi tidak dimanfaatkan secara efisien,” bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya