SOLOPOS.COM - Mantan wali kota Solo yang kini Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan calon presiden PDI Perjuangan untuk Pilpres 2014. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, PALEMBANG — Kepastian Joko Widodo (Jokowi) menjadi calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan langsung memanaskan bursa calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. Dalam bursa cawapres itu diprediksi bakal terjadi “perang bintang”.

Prediksi bakal maraknya persaingan kalangan militer berbintang dalam bursa cawapres itu dikemukakan pengamat militer dari Center for Strategic and International Studies (CSIS), Alexandra Retno Wulan. “Saya rasa memang sudah terlihat perang bintang. Kalau militer masih mampu, silahkan. Demokrasi sudah maju,” ujarnya saat ditemui di Palembang, Minggu (16/3/2014).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Menurut dia, tanda-tanda “perang bintang” sudah terlihat sejak sejumlah purnawirawan jenderal memutuskan maju pada bursa calon presiden. Sementara itu, pengamat militer dari Universitas Indonesia Connie Rahakundini mengatakan, sosok calon wakil presiden seharusnya memang dari militer jika Indonesia dipimpin oleh kalangan sipil.

Meski demikian, sosok militer yang dimaksud menurutnya harus outward looking atau bervisi bagus, dan memunyai wawasan luas soal pertahanan. Connie mengatakan, sosok militer harus ada di dekat Jokowi karena sosok Jokowi yang sangat egaliter. Keberadaan sosok militer akan membantu Jokowi untuk mengambil sikap tegas dalam persoalan teknis pemerintahan.

Lain halnya dengan Direktur Imparsial Poengky Indarti yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap wacana duet sipil-militer. “Siapapun presiden dan wakil presiden mendatang memang layak karena kapasitas dan bersih, termasuk latar belakang sebelumnya,” ujarnya.

Saat ini, diketahui nama Prabowo Subianto dan Wiranto dicapreskan oleh masing-masing partainya. Sementara Pramono Edhie Wibowo masih bergulat di Konvensi Capres Partai Demokrat. Selain nama di atas, mulai muncul pula sejumlah nama yang dipandang berpeluang menjadi cawapres sepert Panglima TNI Jenderal Moeldoko, KSAD Jenderal Budiman, dan mantan KSAD Jenderal (Pur) Ryanmizard Ryacudu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya